Binance Siap Dukung Merge Ethereum, Tetapi Antisipasi Fork

Pembaruan The Merge Ethereum yang kian dekat kini mendapat dukungan resmi dari bursa kripto Binance.

Pembaruan The Merge nantinya akan memoles jaringan Ethereum menjadi lebih baik, dengan beralih konsensus ke proof-of-stake (PoS) yang juga memangkas biaya gas dan meningkatkan kecepatan transaksi.

Yang paling utama, pembaruan ini diharapkan dapat mengurangi konsumsi energi jaringan hingga 99,9 persen dan mengurangi penerbitan ETH sekitar 90 persen karena jaringan tidak perlu lagi membayar penambang untuk menambahkan blok baru.

Pembaruan ini juga diharapkan dapat mengangkat prospek dari sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan token non-fungible (NFT), karena saat ini dua sektor tersebut mayoritas berjalan di jaringan Ethereum.

IKLAN

Binance Dukung The Merge Ethereum 

Berdasarkan laporan Crypto Briefing, dukungan Binance datang setelah komunitas kripto berniat untuk mempertahankan versi proof-of-work (PoW) Ethereum pasca pembaruan The Merge.

Secara resmi, Binance mengungkapkan bahwa mereka saat ini sedang memantau dengan cermat perkembangan dari pembaruan jaringan Ethereum.

The Merge berpotensi mengarah pada pembuatan beberapa token fork Ethereum. Kami akan mengevaluasi dukungan untuk distribusi dan penarikan token fork,” ungkap Binance.

Itu artinya, bursa kripto tersebut mengisyaratkan akan mendukung Ethereum versi PoS, sembari mengantisipasi adanya token fork.

Dukungan untuk Fork PoW

Meski The Merge mendapatkan banyak dukungan dari komunitas, tetap saja ada beberapa penolakan atas itu karena memikirkan dampaknya pada para penambang di konsensus saat ini.

Menanggapi hal tersebut, beberapa nama terkenal di industri seperti Pendiri Tron, Justin Sun, dan penambang Chandler Gou, mengatakan akan mendukung rencana fork pada jaringan Ethereum untuk melestarikan konsensus PoW.

Tentu saja, jika terjadi fork, maka kripto baru akan tercipta. Sehingga, Binance sudah mengantisipasinya dengan mengatakan akan mendukung token baru tersebut, seandainya memang tercipta.

Memang, The Merge telah dianggap banyak investor sebagai salah satu momen bersejarah yang digadang akan memberi dampak besar bagi pasar kripto. Bahkan, dominasi BTC di pasar kripto akan terus tertempel oleh Ether, yang diharapkan tergeser olehnya.

Bagaimanapun, pembaruan jaringan Ethereum akan terjadi di pertengahan September, sehingga investor ritel diharapkan mengantisipasi segala hal yang terjadi setelahnya. [st]

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait