Binance Targetkan Versi Beta Bursa Terdesentralisasi Siap pada 2019

42
IKLAN

Binance, bursa kripto nomor wahid berdasarkan volume perdagangan, menargetkan versi beta bursa terdesentralisasi (decentralized exchange atau DEX) pada kuartal pertama 2019, seperti dilansir Cryto Globe, Minggu (30/09). Bursa terdesentralisasi ini pertama kali diumumkan awal 2018.

Menurut CEO Binance Changpeng Zhao, yang lebih akrab disapa CZ, pihaknya telah mengadakan rapat tentang rencana DEX tersebut. CZ mengungkap Binance Coin (BNB), kripto bursa Binance yang harganya tetap kuat di tengah pasar yang lesu, akan menjadi gas bagi platform tersebut, dan tidak akan mengendalikan dana nasabah.

Dalam wawancara dengan Crypto Globe di Consensus Singapore 2016, CZ berkata ia percaya bursa terdesentralisasi adalah tren masa depan, tetapi akan butuh beberapa tahun sebelum hal itu menjadi kenyataan.

Hanya dalam waktu delapan bulan setelah menggelar initial coin offering (ICO) yang sukses melalui BNB tokennya, CZ mampu mengembangkan startup kripto ini menjadi bursa kripto terbesar di dunia yang mencetak profit sebesar US$200 juta di kuartal pertama, jumlah yang lebih tinggi dari profit bank terbesar di Jerman.

Menurut CZ, dalam waktu dekat volume perdagangan pada DEX tidak akan menyamai platform sentral Binance –yang rencananya akan berjalan bersama dengan versi DEX-nya. Ia berkata belum ada pihak yang dominan di sektor DEX, sehingga untuk saat ini masih dalam tahap uji coba. CZ berpendapat saat ini sebagian besar volume uang perdagangan kripto masih dalam bentuk fiat, sehingga strategi terbaik masih tetap membangun bursa kripto ke fiat.

Menurut DAppRadar, bursa terdesentralisasi paling besar di Ethereum saat ini adalah IDEX, yang memiliki 1.180 pengguna, dan Fork Delta, dengan 800 pengguna. DAppRadar menunjukkan volume IDEX adalah 2.400 ETH (sekitar US$562 ribu) selama 24 jam terakhir, sedangkan di ForkDelta terjadi volume 430 ETH (sekitar US$100 ribu) dalam kurun waktu yang sama. Sebagai perbandingan, volume perdagangan 24 jam di Binance lebih dari US$1 milyar.

DEX besutan Binance diumumkan Maret silam. Pada saat itu, Binance mengumumkan bahwa Binance Chain DEX akan fokus di transfer dan perdagangan aset blockchain, sekaligus menyediakan peluang baru bagi potensi aset blockchain di masa depan.

Menyusul pengumuman itu, pada Agustus CZ memperlihatkan pratinjau bursa desentralistik tersebut melalui video di Twitter. Binance adalah salah satu perusahaan yang semakin berinvestasi di masa depan kripto. Sebelumnya, CZ berkomentar ia percaya kenaikan harga kripto 1.000 kali lipat bisa terjadi.

Dalam wawancaranya dengan Crypto Globe, CZ menekankan pasar bisa kembali bergairah kapan saja, dan secara riwayat sejarah, Oktober sampai Desember adalah bulan yang baik. Grafik harga BTC selama beberapa tahun terakhir menunjukkan di 2015, 2016 dan 2017 ada total 14 hari di mana harga BTC turun saat kuartal keempat. [ed]

 

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini