Binance Turki Didenda 8 Juta Lira Akibat Pencucian Uang

Unit intelejen keuangan Turki (MASAK) menemukan Binance Turki bersalah atas pelarangan hukum pencegahan pencucian uang. Akibatnya Binance didenda 8 juta lira setara US$720 ribu.

Binance Turki Didenda

Kanal berita Anadolu Agency melaporkan, MASAK, yang bertugas di bawah naungan Kementerian Keuangan Turki, menerapkan audit Pasal 5549 tentang Pencegahan Keuntungan Pencucian Uang yang dikenal sebagai hukum anti pencucian uang (AML).

Hukum AML di Turki mewajibkan perusahaan untuk mengidentifikasi informasi identitas pribadi pelanggan pada platform mereka. Informasi tersebut termasuk nama keluarga, tanggal lahir, nomor identitas Turki dan jenis serta jumlah dokumen identitas.

Peraturan tersebut juga mensyaratkan perusahaan harus langsung memberitahu pemerintah bila ada aktivitas mencurigakan dalam kurun waktu 10 hari.

IKLAN

Cointelegraph melansir, otoritas Turki menerapkan sanksi administratif maksimal sebesar 8 juta lira bagi pelanggaran Binance tersebut.

Selain itu, kasus ini juga berpapasan dengan pengumuman Presiden Erdogan mengenai penyelesaian rancangan hukum kripto yang akan diserahkan ke Parlemen untuk disetujui.

Menurut mantan Menteri Keuangan Lutfi Elvan, MASAK turut bekerjasama dengan Financial Action Task Force (FATF), regulator global terkait pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Ia berkata, FATF meminta tindakan dilakukan terhadap platform perdagangan kripto. Dengan ini, Binance menjadi usaha kripto pertama yang didenda pemerintah Turki.

IKLAN

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkofirmasi penyelesaian hukum kripto yang akan diserahkan ke Parlemen untuk ditetapkan.

Hukum kripto itu mencanangkan model ekonomi baru yang diharapkan dapat menopang usaha Turki untuk mengembalikan nilai lira yang semakin melemah.

Erdogan berkata inflasi yang dialami lira Turki baru-baru ini tidak terkait matematika melainkan persoalan proses sehingga nilai lira memiliki peluang untuk bertumbuh.

“Dengan pemahaman ini, kami berniat menyalurkannya ke titik kering, tetapi kurs akan mencapai harganya sendiri di pasar valas,” jelas Erdogan.

Dewan Penyelidikan Kejahatan Finansial (MASAK) mengenakan sanksi sebesar 8 juta lira kepada Binance Turki setelah bursa itu gagal melalui audit terkait ketaatan hukum terhadap pengawasan anti pencucian uang. [cointelegraph.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait