spot_img
spot_img

Bitcoin ETF di AS Akan “Sengsarakan” Trader Retail? Ada 5 Modus Manipulasi Pasar

Bitcoin ETF (exchange-traded fund) di AS yang sangat dinantikan, disebutkan oleh analis kripto Willy Woo dapat menyengsarakan investor ritel, sebab hanya memberikan keuntungan bagi investor institusi, seperti hedge fund. Ada 5 modus manipulasi yang bisa dilakukan.

Melalui akun Twitter-nya, Woo mencuit, bahwa jika Bitcoin ETF berjangka disetujui, hal itu akan menjadi cara yang mahal untuk menyimpan BTC.

“ETF itu secara efektif memberikan penyimpanan Bitcoin ke hedge fund melalui rantai insentif keuntungan,” ujarnya.

Komisi Bursa dan Sekuritas  (SEC) AS diperkirakan akan menyetujui Bitcoin ETF ber-underlying asset Bitcoin berjangka pada bulan ini.

Permohonan dari Proshares, Invesco, Vaneck dan Valkyrie berpeluang besar menerima lampu hijau.

Jikalau terwujud, maka ini akan menjadi Bitcoin ETF kedua pertama di dunia, setelah Kanada pada Januari 2021 lalu.

Bitcoin ETF Sangat Dinantikan

Pasar kripto telah lama menanti persetujuan ETF ini, sebab diperkirakan dapat mendorong naik harga Bitcoin.

Bitcoin ETF melacak harga BTC di pasar spot, model ETF yang didambakan sebelumnya. ETF membantu investor mendapat akses ke aset kripto tersebut tanpa harus membelinya secara langsung. Investor mungkin condong terhadap ETF sebab merupakan metode yang mudah untuk masuk ke sektor Bitcoin.

Hanya saja Bos SEC berpendapat, yang lebih sesuai adalah ETF yang nilai dasarnya adalah produk Bitcoin berjangka yang lebih teregulasi, dalam hal ini adalah di CME (Chicago Mercantile Exchange).

Woo berargumen bahwa Bitcoin ETF berjangka berpotensi menekan harga dan volatilitas dikarenakan dominasi kontrak berjangka.

Pasalnya, Bitcoin berjangka akan lebih mahal dibanding spot disebabkan posisi long besar yang dibuka oleh para hedge fund.

Menurut Woo, hedge fund akan menjual kontrak berjangka sambil membeli spot untuk meraih untung bersih.

Secara efektif, hedge fund akan menyimpan Bitcoin spot sebagai perwakilan ETF, di mana hedge fund mendapat keuntungan 10 persen setahun sebagai biayanya.

Bitcoin ETF berjangka bagus untuk adopsi mainstream, tetapi di saat yang sama berlawanan dengan etos desentralisasi yang diusung Bitcoin.

“Bitcoin sebagai instrumen desentralistik sangat penting. Bayangkan jika semua Bitcoin disimpan sebagai ETF secara kustodian dengan satu penyedia. Penyedia itu kini dapat mengubah rasio kurs kemudian menjadikannya fiat baru,” jelas Woo.

Ia menambahkan, hal itu terjadi kepada emas ketika AS memakai standar moneter emas.

Woo berbicara tentang BTC “dilahap” ke tangan-tangan sekelompok hedge fund dan bank besar yang bisa memanipulasi harganya. Dengan kata lain, Bitcoin ETF berjangka bisa menjadi tipuan bagi investor ritel.

Trik Manipulasi Pasar

Sejumlah modus dan trik para pemain besar, bisa berlangsung seperti ini:

Pertama, Whales membeli Bitcoin dalam jumlah banyak di bursa kripto biasa (spot market) melalui mekanisme OTC (Over The Counter). Cara ini memungkinkan berlangsung secara anonim dengan harga dan biaya yang lebih murah.

Kedua, Memasang posisi short di bursa berjangka di CME.

Ketiga, Menjual Bitcoin di bursa spot.

Keempat, Harga Bitcoin secara umum turun.

Kelima, Ini yang membuat pemilik kontrak Bitcoin di bursa berjangka terbanyak mendulang keuntungan, karena sebelumnya sudah memasang posisi short.

Ketua SEC Gary Gensler memberikan dukungan bagi Bitcoin ETF berjangka yang menyediakan perlindungan investor, seperti yang tertera di Undang-undang Perusahaan Investasi tahun 1940. Pejabat lama sebelumnya enggan menyetujui, karena dinilai akan rawan manipulasi.

Ini yang Mungkin Diloloskan

Berdasarkan catatan Bloomberg dan NYDIG pekan lalu, ada beberapa proposal yang akan disetujui pada tahun ini atau tahun depan. Tanggal terdekat adalah 18 Oktober 2021, yakni ETF Proshares.

Berikut sejumlah proposal Bitcoin ETF (ber-underlying asset Bitcoin Futures) yang mungkin akan disetujui oleh SEC dalam waktu dekat, berikut prakiraan tanggal berlaku efektifnya:

  • Proshare Bitcoin Strategy ETF [18/10/2021]
  • Invesco Bitcoin Strategy ETF [18/10/2021]
  • VanEck Bitcoin Strategy ETF [23/10/2021]
  • Valkyrie Bitcoin Strategy ETF [23/10/2021]
  • Galaxy ETF Trust [31/10/2021]
  • Global X Blockchain & Bitcoin Strategy ETF [11/2/2022]
  • AdvisoryShares Manages Bitcoin ETF [11/3/2022]

[beincrypto.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait