spot_img
spot_img

Bitcoin ETF di AS Belum Lahir, CBOE Niat Jual

Proposal Bitcoin exchange-traded fund (ETF) oleh VanEck yang diajukan kali terakhir pada Desember 2020 belum juga mendapatkan lampu hijau dari SEC di AS. Namun CBOE malah bersemangat berniat menjualnya kelak.

pada akhir tahun 2020, perusahaan investasi VanEck mengajukan proposal kepada Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) untuk membentuk VanEck Bitcoin Trust, sebuah Bitcoin exchange-traded fund (ETF). Ini adalah sejenis reksadana yang diperdagangkan di bursa efek.

Operator pasar saham CBOE BZX Exchange kini mengajukan proposal kepada SEC untuk membuka perdagangan saham dalam ETF tersebut.

Sepi Peminat, CBOE Hentikan Produk Bitcoin Berjangka

Berkas proposal itu merupakan kelanjutan proposal VanEck dan mewakili langkah berikutnya untuk memasarkan Bitcoin ETF pertama di Amerika Serikat.

Proposal perubahan aturan termasuk soal mekanisme pendaftaran dan perdagangan saham VanEck Bitcoin Trust di bawah BZX Pasal 14.11(e)(4), Saham Berbasis Komoditas. Menurut pasal ini, saham tersebut dapat di-redeem untuk Bitcoin.

Pendiri bursa aset kripto Gemini, Winklevoss bersaudara pertama mengajukan Bitcoin ETF pada tahun 2016.

SEC menolak proposal ini, dan sejak saat itu sejumlah perusahaan termasuk VanEck serta CBOE telah mengajukan proposal dengan SEC, tetapi kemudian ditolak atau diundurkan.

ETF adalah dana investasi yang diperdagangkan seperti saham, investor dapat membeli dan menjual selama pasar dibuka.

Reksadana dan produk investasi lain berbeda, sebab investor hanya dapat masuk di penutupan.

Bitcoin ETF melacak harga Bitcoin, sehingga investor yang tertarik terhadap kripto tersebut, tetapi tidak ingin menyimpannya sendiri, tetap dapat mengakses nilainya Bitcoin. Jadi, investor pada prinsipnya membeli “saham dalam Bitcoin”, dan bukan membeli Bitcoin yang asli.

ETF tersebut merupakan instrumen investasi yang lebih mudah diakses dibanding Grayscale Bitcoin Trust (GBTC).

Baru! Grayscale Mengklaim Miliki 500.000 Bitcoin

GBTC hanya terbuka bagi investor terakreditasi dengan investasi minimal US$25 ribu dan melarang pembelinya menjual saham mereka selama enam bulan.

Regulator AS belum menyetujui Bitcoin ETF, tetapi belantika regulasi telah berubah. Bulan lalu, Kanada menjadi negara pertama di Amerika Utara yang meresmikan Bitcoin ETF secara cepat, yaitu Purpose Bitcoin ETF dan Evolve.

Bitcoin ETF Pertama di Kanada Bernilai US$564 Juta

Setelah meraih volume perdagangan US$165 juta dalam hari pertama, debut Purpose merupakan peluncuran ETF paling berhasil sepanjang masa.

AS merupakan pasar lebih besar dari Kanada, sebab itu CBOE dan VanEck terus berusaha mendapatkan persetujuan proposal.

Juru bicara CBOE berkata, “Kami meyakini persetujuan Bitcoin ETF dapat memberikan investor akses terhadap Bitcoin melalui instrumen yang transparan dan diregulasi.” [decrypt.co/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img

Terkait