spot_img
spot_img

Bitcoin ETF di AS Jadi Penentu Positif Harga Bitcoin, Kata Bos Triv

Bitcoin ETF di Amerika Serikat (AS) diyakini Gabriel Rey, bos bursa kripto Triv.co.id akan jadi penentu positif terhadap harga Bitcoin di masa depan. Dana dari para trader dan investor akan masuk lebih banyak lagi lewat pasar modal alias bursa efek. Masalahnya adalah bukan tidak atau akan disetujui oleh SEC (Komisi Bursa dan Sekuritas) AS, tetapi kapan.

Apa Itu Bitcoin ETF?

Bitcoin ETF (exchange-traded fund) adalah produk investasi yang diperdagangkan di pasar modal (bursa efek) yang nilainya didasarkan pada dinamika harga Bitcoin, baik di pasar spot ataupun di bursa berjangka (futures market).

Bitcoin ETF pertama di dunia lahir di Kanada beberapa waktu lalu dan disambut antusias oleh publik. Hanya saja di Amerika Serikat yang sangat dikenal sebagai pasar ETF terbesar di dunia enggan “melahirkannya”. Ini perlu persetujuan oleh SEC sebagai lembaga utama yang mengawasi pasar modal. SEC setara dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di Indonesia.

Proposal Bitcoin ETF

Sejumlah permohonan (proposal) Bitcoin ETF sudah diajukan oleh sejumlah perusahaan sejak tahun 2013. Ini diawali oleh Gemini Bitcoin Trust. Proposal ini disorongkan oleh si kembar Winklevoss, pendiri bursa kripto Gemini, AS.

Sejak tahun itu pula ada belasan proposal serupa berada di meja SEC, menanti disetujui dan siap masuk pasar modal AS. Selain Gemini, ada VanEck, kemudian Galaxy Digital dan banyak penyedia ETF lainnya berminat.

Kala itu SEC belum dipimpin oleh Gery Gensler dan masih enggan menyetujui, karena alasan adanya potensi manipulasi pasar, sebagaimana yang pernah terjadi di Gold ETF.

Singkat waktu, Gensler memimpin SEC sejak April 2021 dan sosoknya dianggap sebagai pembaharu untuk industri kripto. Pekan lalu dia mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya tidak akan melarang aktivitas terkait kripto, karena otoritas yang berhak hanyalah kongres.

Bahkan sebelumnya Bos The Fed, Jerome Powell memastikan pihaknya tidak membumihanguskan kripto, seperti yang digencarkan oleh Bank Sentral Tiongkok sejak medio tahun 2021.

Gensler memastikan bahwa Bitcoin ETF yang mungkin disetujui adalah yang ber-underlying asset Bitcoin Futures alias Bitcoin berjangka [dengan USD settlement], yang sejak Desember 2017 hadir di CME (Chicago Mercantile Exchange). CME sendiri berada di bawah pengawasan CFCT (Commodity Futures Trading Commision), lembaga yang pernah dipimpin oleh Gensler.

CFTC kurang lebih setara dengan Bappebti di Indonesia untuk urusan produk kontrak berjangka. Perbedaannya, CFTC berdiri secara independen dalam bentuk komisi, sedangkan Bappebti berada di bawah Kementerian Perdagangan.

Kapan Akan Disetujui?

Bagi Gabriel Rey Bos Triv.co.id, saat ini masalahnya bukan disetujui atau tidak disetujuinya proposal Bitcoin ETF itu.

“Masalahnya adalah kapan. Bisa jadi pada Oktober 2021, akhir tahun atau bahkan pada kuartal tahun 2022,” kata Rey saat dihubungi pada Minggu (10/10/2021).

Rey mengakui bahwa jika Bitcoin ETF sudah “melantai” di bursa efek di AS, ini akan memantik menguatnya harga Bitcoin, karena mencerminkan besarnya permintaan pasar terhadap kelas aset baru ini.

Ia mencontohkan, ketika Bitcoin ETF pertama di dunia lahir di Kanada pada Februari 2021, nilai perdagangan BTC langsung naik gila-gilaan.

Bitcoin ETF di Kanada sendiri ber-underlying asset BTC di pasar spot dengan settlement berupa BTC ataupun fiat money.

Proposal yang Akan Disetujui

Berdasarkan Decrypt, ada sejumlah proposal Bitcoin ETF yang layak disoroti, di antaranya adalah oleh sejumlah penyedia ini: VanEck, Valkyrie Investments, NYDIG/Stone Ridge, WisdomTree, First Trust/SkyBridge, Fidelity/Wise Origin, Kryptoin, Galaxy Digital, Ark Invest, Global X, One River, Invesco Galaxy Bitcoin ETF.

Berdasarkan catatan Bloomberg dan NYDIG pekan lalu, ada beberapa proposal yang akan disetujui pada tahun ini atau tahun depan. Tanggal terdekat adalah 18 Oktober 2021, yakni ETF Proshares.

Berikut sejumlah proposal Bitcoin ETF (ber-underlying asset Bitcoin Futures) yang mungkin akan disetujui oleh SEC dalam waktu dekat, berikut prakiraan tanggal berlaku efektifnya:

  • Proshare Bitcoin Strategy ETF [18/10/2021]
  • Invesco Bitcoin Strategy ETF [18/10/2021]
  • VanEck Bitcoin Strategy ETF [23/10/2021]
  • Valkyrie Bitcoin Strategy ETF [23/10/2021]
  • Galaxy ETF Trust [31/10/2021]
  • Global X Blockchain & Bitcoin Strategy ETF [11/2/2022]
  • AdvisoryShares Manages Bitcoin ETF [11/3/2022]

Peluang diloloskannya Bitcoin ETF ini menjadi penentu gerak harga Bitcoin di masa depan, termasuk sejumlah kripto besar lainnya, mengingat pangsa pasar kripto di AS juga sangat besar dibandingkan pasar Asia.

Pun lagi produk Bitcoin ETF memberikan keluasan pasar bagi trader dan investor kelas retail, jika dibandingkan dengan membeli Bitcoin Berjangka di CME.

TradingView Chart

Harga Bitcoin saat ini (Minggu, 10/10/2021 pukul 19:00 WIB) hanya terpaut 13 persen dari puncak tertinggi sepanjang masa, US$64.900 (14 April 2021). [ps]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait