Bitcoin exchange-traded fund (ETF) pertama di Amerika Utara resmi diperdagangkan kemarin. Instrumen investasi tersebut diperdagangkan senilai US$165 juta pada hari pertama, termasuk US$80 juta pada jam pertama menurut data Bloomberg.

Bitcoin ETF produk perusahaan Purpose Investment itu disetujui di Kanada awal bulan ini dan diperdagangkan di Bursa Efek Toronto.

Bitcoin fisik yang diperdagangkan melalui ETF tersebut disimpan bursa aset kripto Gemini. Menurut analis ETF Bloomberg Eric Balchunas, produk mengalami hari pertama yang hebat.

Melalui instrumen ETF, investor dapat membeli dan menjual saham sepanjang hari. ETF tersebut berarti investor membeli saham yang mewakili nilai Bitcoin, tanpa perlu memilikinya secara langsung.

Bitcoin ETF memudahkan akses terhadap Bitcoin tanpa disertai resiko terkait penyimpanan mandiri dalam dompet digital.

CEO Purpose Som Seif menjelaskan pihaknya meyakini Bitcoin, sebagai aset kripto pertama dan terbesar, akan terus bertumbuh dan diadopsi sebagai aset alternatif.

Bitcoin ETF Pertama di Dunia Lahir di Kanada, Buat Apa?

“Bitcoin akan semakin memperkuat peluang investasi yang ditawarkannya,” tambah Seif.

Bitcoin ETF tersebut adalah yang pertama di Amerika Utara. Di Amerika Serikat, regulator belum meresmikan Bitcoin ETF.

Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) telah menolak proposal dari beragam perusahaan yang ingin meluncurkan ETF, termasuk Bitwise dan Wilshire Phoenix.

SEC mengklaim pasar Bitcoin nyata belum ada di AS, dan harga aset kripto tersebut rentan terkena manipulasi oleh investor paus dengan simpanan besar.

Beda halnya di Kanada, Purpose Bitcoin ETF diresmikan pada 11 Februari silam. ETF kedua oleh Evolve Funds Group telah disetujui pula tetapi belum aktif.

Setelah peristiwa hari ini, Bitcoin ETF di AS tampaknya selangkah lebih dekat. Tetapi hal tersebut belum tentu hal baik.

Analis Quantum Economics Charles Bovaird berkata, “Sebab Bitcoin ETF telah meluncur di Kanada, perkembangan ini mungkin mencuri pamor peluncuran dana serupa di AS.”

Ia menambahkan, keberadaan ETF Kanada tersebut dapat mengurangi pentingnya peresmian ETF AS, sebab bukan yang pertama diresmikan oleh regulator. Adanya satu atau lebih ETF Kanada dapat mengurangi volume perdagangan bila sebuah Bitcoin ETF AS diresmikan oleh SEC. [decrypt.co/ed]

Protected with blockchain timestamps

Ikuti media sosial kami

[cn-social-icon]

INFO IKLAN/AD INFO