spot_img
spot_img

Bitcoin ETF Pertama di Kanada Bernilai US$564 Juta

Kurang dari sepekan setelah debutnya, Purpose Bitcoin ETF (exchange-traded fund) terus menarik aliran dana besar dari investor, semakin mengukuhkan minat institusi terhadap aset digital sedang melambung.

Penyedia data kripto Glassnode melaporkan pada Selasa (24/2/2021) bahwa Purpose Bitcoin ETF mencapai US$564 juta total aset yang dikelola.

Angka tersebut cukup memukau, mengingat ETF ini baru diluncurkan lima hari lalu.

Bitcoin ETF Pertama di Dunia Lahir di Kanada, Buat Apa?

Dilansir dari Cointelegraph, Purpose ETF menuai volume US$80 juta dalam jam pertama sejak perdagangan dibuka dan mencapai US$100 juta dalam hari pertama.

Data Glassnode menyoroti per Selasa, Purpose ETF menyimpan 8.288 BTC, 2.251 BTC lebih banyak sejak Senin.

Pertumbuhan pesat ini selaras dengan prediksi analis Bloomberg Eric Balchunas yang mengatakan bahwa Purpose Bitcoin ETF akan mencapai US$1 milyar di akhir pekan.

Kanada pesat menjadi pusat aktivitas Bitcoin ETF. Selain Purpose ETF, Evolve Funds Group telah mendapat lisensi dari Komisi Sekuritas Ontario untuk meluncurkan dana Bitcoin-nya.

Bermodal ticker EBIT dan EBIT.U, Evolve Funds ETF akan memberikan akses terhadap BTC dalam nilai dolar Kanada dan dolar AS.

Bitcoin ETF adalah produk investasi bernilai Bitcoin dalam satuan mata uang tertentu. Ia diperdagangkan di bursa efek selayaknya saham, memudahkan investor “terekspos” terhadap naik-turun harga Bitcoin yang asli di spot market.

Produk serupa diperjuangkan oleh pelaku pasar di Amerika Serikat kepada SEC. Namun berkali-kali ditolak sejak tahun 2018.

Aliran masuk ke Purpose ETF tidak terpengaruh oleh harga Bitcoin yang longsor baru-baru ini.

Aset kripto nomor satu tersebut turun tajam di awal pekan dan sempat menyentuh US$45 ribu.

Dari puncak ke lembah, harga BTC anjlok lebih dari 20 persen dan saat ini berada di kisaran US$50.963. [cointelegraph.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait