spot_img
spot_img

Bitcoin Merah, Aset Kripto YFI Hijau Tak Menyerah

Siang ini, berdasarkan data Coinmarketcap.com, sebagian besar aset kripto masih memerah, termasuk Bitcoin. Namun YFI, aset kripto termahal sedunia tampak hijau tak menyerah. Token itu terpantau menguat 0,84 persen dalam 24 jam terakhir di kisaran Rp461 juta per YFI. Sedangkan Bitcoin tersungkur -4,47 persen di kisaran Rp168 juta per BTC.

YFI, aset kripto paling wahid berdasarkan harga yang mengungguli Bitcoin masih cukup kuat. YFI bersanding dengan penguatan aset kripto lain, seperti Looping, JUST, UMA, Kusama dan lain sebagainya.

Kusama, yang masih termasuk baru menghijau 7,20 persen di peringkat ke-42. YFI sendiri harus cukup bangga di peringkat 25 berdasarkan kapitalisasi pasarnya (Rp13 triliun).

Aset kripto YFI menjadi buah bibir sejak Juli 2020, karena harganya melejit melebihi harga Bitcoin, kendati YFI wujudnya adalah token di blockchain Ethereum.

Adalah Andre Cronje, seorang pengembang DeFi, yang membuat token itu dengan platform bernama yearn.finance. Pria yang berdomisili di Cape Town, Afrika Selatan ini berpendapat aset kripto terlalu volatil untuk dijadikan investasi. Kendati demikian, ia terpukau oleh protokol-protokol DeFi dan imbal hasil yang bisa didapat melaluinya.

Patut dicatat bahwa Total Supply YFI hanya 30.000 unit, dengan Circulating Supply sebanyak 29.964 unit, jauh lebih sedikit daripada Bitcoin.

Demi mengincar cuan paling tinggi, Cronje acapkalimemindah-mindahkan dananya ke platform yang menawarkan imbal hasil tertinggi saat itu. Agar memudahkan usahanya, ia menuliskan program yang dapat melakukan strategi tersebut secara otomatis. Program ini dikembangkan bekerjasama dengan Curve Finance dan Aave, dua platform DeFi, dan lahirlah yearn.finance.

Berbeda dengan Bitcoin yang ditambang, pengguna bisa melakukan farming (“berternak”) token YFI dengan cara mendepositkan dana (disebut dengan liquidity provider atau penyedia likuiditas) ke salah satu platform yearn.finance.

Setelah melakukan langkah tersebut, dana pengguna dikonversikan ke ytoken (yield optimized token atau token dengan imbal hasil teroptimasi) dengan jumlah ekivalen. Contohnya, DAI milik pengguna diubah menjadi yDAI.

Sejarah singkat YFI kami ulas cukup mendalam di laman ini. [red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait