Bitcoin Naik 8 Persen Jelang Sidang Libra

Harga Bitcoin naik 8 persen satu hari menjelang sidang Libra di Senat yang menghadirkan David Marcus dari Facebook. Terpantau di Coinmarketcap, Senin, 15 Juli 2019 siang, Bitcoin berada di kisaran US$10.158 lalu beranjak naik ke US$11.039 pada Selasa, 16 Juli 2019 pagi hari. Dengan perubahan sekitar 8,6 persen, Bitcoin bullish tipis hingga Rp12 juta.

Pasar Bitcoin tampaknya merespons positif sidang soal kripto Libra yang akan diselenggarakan di Senat dan DPR Amerika Serikat, Selasa dan Rabu ini waktu setempat. Sekitar 10 jam yang lalu, Thomas Lee dari Fundstrat mengatakan, “Bitcoin kelihatannya nyaman dengan pernyataan Sekretaris Kementerian Keuangan Amerika Serikat, Steven Mnuchin terkait kripto dan know your customer (KYC) dan Anti Money Laudering (AML). Bitcoin pun naik!”

Steven Mnuchin sebelumnya memang menggelar pertemuan dengan awak media menyoal regulasi mata uang kripto.

IKLAN

“Transfer terkait mata uang kripto harus sesuai dengan Undang-undang Pelaporan Transaksi Luar Negeri dan Mata Uang dan terdaftar FinCen (Financial Crimes Enforcement Network). FinCen adalah biro khusus di bawah Kementerian Keuangan Amerika Serikat untuk urusan sistem keuangan yang terkait dengan aksi pencucian uang. FinCEN juga berhak mengawasi dan memberikan sanksi terkait bisnis keuangan dan bank, baik yang bersifat uang fisik ataupun elektronik, termasuk mata uang kripto. FinCEN akan mengatur semua entitas keuangan terkait transaksi Bitcoin, Libra dan semua jenis mata uang kripto lainnya,” kata Mnuchin dilansir dari tayangan CNBC.

Ini senada dengan pernyataan tertulis David Marcus sebelumnya, bahwa Libra menghormati otoritas FinCEN.

“Agar jelas, Libra Association mengharapkan mendapatkan izin dan diatur dan sebagai subjek dari FinCEN. Karena Libra Association bermarkas di Jenewa, Swiss, maka pengawasan langsung oleh Swiss Financial Markets Supervisory Authority (FINMA). Kami sebelumnya telah berdiskusi dengan FINMA dan berharap akan mendapatkan aturan yang sesuai dengan kerangka kerja Libra Association. Kami juga berniat mendaftarkan Libra Association di FinCEN sebagai entitas bisnis layanan keuangan,” tegas David Marcus. [red]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait