Bitcoin Sebagai Budaya Pop (Lagi) di Film Serial Ini

382

Bitcoin kini muncul lagi sebagai bagian dari budaya pop (pop culture) kita. Yang terbaru muncul dalam sebuah adegan pendek di film serial Billions beberapa waktu lalu.

IKLAN

Adegan itu memampilkan Chuck Rhodes (diperankan oleh Paul Giamati), seorang jaksa yang sedang menginterogasi dua pemuda yang diduga terlibat dalam kejahatan pencucian uang.

Chuck Rhodes dengan yakinnya “menikam” citra Bitcoin dengan mengatakan bahwa Raja Aset Kripto itu tidak di-backup oleh apa-apa, zero!

Tapi pernyataan itu dilibas balik secara apik oleh sang tersangka. Berikut dialog keren itu.

Chuck Rhodes: Ya, Bitcoin bisa saja bernilai jutaan dolar AS di masa depan. Tapi dia tidak “dibackup” oleh apa-apa!

BERITA TERKAIT  450 Ribu Data Pelanggan Coinmama Diretas

Tersangka: Jadi, dolar AS dibackup oleh apa, setelah tidak dipatok dengan emas (sejak 1971-Red)?

Chuck Rhodes: Well…. (agak bingung dia jawab-Red), backed by the military industy, credit of federal goverment.. but, I get your points (Ya, saya tahu apa maksudmu-Red)…

Dialog itu mengembalikan ke pertanyaan awal, apakah suatu objek bernilai harus memiliki backup (bersandar) terhadap objek bernilai lainnya?

Bitcoin memang tidak berasas pada nilai aset investasi apapun, tetapi berasas pada mekanisme uniknya: desentralistik, independen, langka, anti inflasi, berskala global, aman, cepat dan relatif murah, liberal, kerakyatan dan lain sebagai-bagian. Nilai itu dimunculkan oleh teknologinya, yakni blockchain.

Karena itu pula Bitcoin sangat multifacet. Artinya jikalau Anda menganggap Bitcoin adalah uang, karena ia sebagai medium of exchange atau unit of account, ia memang bisa berperan sebagai itu, sepanjang konsensus itu ada.
Justru Bitcoin saat ini bernilai karena dijadikan backup atau sandaran oleh jutaan orang di seluruh dunia agar lebih praktis dan ekonomis untuk melakukan pembayaran ke manapun dan di manapun.

Bitcoin juga menginspirasi banyak orang untuk membuat jenis blockchain dan aset kripto lainnya, menawarkan kelebihan berbanding Bitcoin. Tetapi Bitcoin masih tetap nomor satu.

Bukan kali ini saja Bitcoin sebagai bagian dari budaya pop. Sebelumnya dia hadir di serial animasi The Simpson (2013/2020), serial televisi Almost Human (2014), Silicon Valley (2014), CSI (2015), Family Guy (2016), Bitcoin Heist (2016), Chicago Med (2017, The Bing Bang Theory (2017), The Goosebumps 2 (2018) dan lain sebagainya. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO