Bitcoin untuk Apa? Ya, untuk Bayar Pajak, Seperti di Swiss Ini

923

Swiss memang terkenal lebih ramah terhadap Bitcoin dibandingkan negara-negara lain. Kabar teranyar adalah warga Kotamadya Zermatt di Swiss kini bisa membayar pajak mereka menggunakan Bitcoin.

Warga Zermatt kini dapat membayar pajak mereka dalam Bitcoin berkat kerjasama antara Pemerintah Kota Zermatt dengan Bitcoin Suisse.

Sebuah perangkat keras khusus berjenis point-of-sale (POS) telah disediakan oleh Bitcoin Suisse di balai kota Zermatt. Zermatt kini menjadi kotamadya kedua setelah Zug, yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran resmi.

“Semangat kepeloporan dan inovatif adalah salah satu ciri khas Kota Zermatt. Itulah sebabnya kami dengan senang hati mendukung warga dalam memberikan mereka solusi yang mereka butuhkan,” kata Romy Biner-Hauser, Walikota Zermatt.

Selain menggunakan POS, setelah mendaftar ke kantor pajak setempat, warga Zermatt nantinya dapat mengakses portal pembayaran daring dan mentransfer Bitcoin langsung dari dompet kripto mereka sendiri.

BERITA TERKAIT  Bitcoin Menguat Tipis Hingga 11,6 Persen

Bitcoin Suisse lantas akan menukar Bitcoin ke mata uang franc Swiss dan mentransfer jumlah yang diperlukan ke rekening bank kota. Jadi, kota tidak menerima pajak secara langsung dalam bentuk Bitcoin.

“Dengan menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran, Zermatt sekali lagi berperan sebagai perintis dan mendukung ekosistem mata uang kripto/aset kripto yang tengah berkembang,” kata Armin Schmid, Kepala Pembayaran Bitcoin Suisse.

Menurut Bitcoin Suisse, kerjasama ini adalah tanda lain bahwa mata uang kripto kian lazim dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang dilaporkan Decrypt November lalu, Pemerintah Swiss juga telah meluncurkan rencana untuk meningkatkan kerangka kerja untuk teknologi blockchain.

Dewan Federal Swiss mengatakan proposal tersebut akan meningkatkan kepastian hukum, menghilangkan hambatan untuk penerapan blockchain dan mengurangi risiko penyalahgunaan. [Decrypt/Red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO