spot_img
spot_img

Bitmain Berhenti Bantu Pengembangan Bitcoin Core

Bitmain, salah satu produsen mesin tambang Bitcoin terbesar, dikabarkan menghentikan bantuan dana kepada sejumlah pengembang inti (lead developer) peranti lunak Bitcoin Core.

Bitcoin Core adalah peranti lunak inti dari sistem blockchain-aset kripto Bitcoin yang pada versi awal dibuat dan dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto, dibantu sebagian oleh pakar kriptografi, mendiang Hal Finney. Peranti lunak itu adalah acuan dari sistem Bitcoin yang berjalan saat ini, termasuk personal bitcoin wallet dan peranti lunak penambangan.

Berhentinya bantuan dana itu dikabarkan oleh Jonas Schnelli, salah seorang kontributor dan lead developer Bitcoin Core. Katanya, Bitmain menghentikan dukungannya setelah mendanai selama lebih dari tiga tahun.

Melalui cuitan pada Selasa (01/12/2020), Schnelli mengungkap ia kehilangan “sponsor” dari Bitmain, bersama dengan Joao Barbosa, pengembang lain Bitcoin Core yang dikenal dengan nama layar Promag di GitHub.

“Terima kasih kepada Bitmain atas bantuannya, meski kita memiliki perbedaan pendapat,” cuit Schnelli, sambil bertanya kepada komunitas kripto untuk lanjut mendukung pekerjaannya mengembangkan Bitcoin Core.

Pendiri perusahaan Hex, Richard Heart, mengatakan kepada Cointelegraph, bahwa perusahaan lain seharusnya bersedia mendanai pengembangan Bitcoin Core, seiring harga Bitcoin mencapai titik tertinggi baru pada 30 November 2020.

Sejumlah pengguna situs media sosial Reddit berpendapat Bitmain bisa menggunakan uangnya ke proyek lain, daripada mendanai proyek Bitcoin Core. Seorang pengguna Reddit terkejut mengetahui Bitcoin Core masih didanai oleh Bitmain.

Dan sebenarnya itu bukanlah kisah baru. Ada sejumlah donatur lain di Bitcoin Core, sebagaimana yang disampaikan oleh Bitmex pada Maret 2020 lalu. Namun, tidak ada nama Bitmain di baliknya.

Perusahaan bursa aset kripto yang pernah dipimpin oleh Arthur Hayes itu juga termasuk donatur terbesar, di mana nomor wahid adalah Blockstream yang dipimpin oleh Adam Back. Penemuan Back tentang Hashcash digunakan sebagai rujukan whitepaper Bitcoin oleh Satoshi Nakamoto.

Beberapa pendana kepada sejumlah lead developer Bitcoin Core. Sumber: Bitmex Research.

Apa Itu Bitcoin Core?
Bitcoin Core adalah peranti lunak inti dari sistem blockchain-aset kripto Bitcoin yang pada versi awal dibuat dan dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto, dibantu sebagian oleh pakar kriptografi, mendiang Hal Finney.

Peranti lunak itu adalah acuan dari sistem Bitcoin yang berjalan saat ini, termasuk personal bitcoin wallet dan peranti lunak penambangan, seperti EasyMiner. Bitcoin Core berformat .EXE bisa diunduh di sini.

Personal Bitcoin wallet (memungkinkan Anda sendiri menyimpan private key) yang Anda gunakan saat ini bersumber dan berpangkal dari Bitcoin Core. Jadi, Bitcoin Core adalah dompet Bitcoin terawal dan tertua. Bitcoin Core juga membantu Anda melakukan penambangan.

Hanya saja menggunakan Bitcoin Core disarankan [bahkan diwajibkan] mengunduh lebih dari 350 GB data transaksi sejak awal sistem Bitcoin diterbitkan pada tahun 2009 hingga sekarang.

Itu disebut sebagai penyelarasan (sinkronisasi) dengan simpul lain dalam jaringan yang memiliki data serupa. Cara ini adalah cara terampuh dan teraman agar aset kripto BTC di dalamnya aman.

Kode Bitcoin itu juga bersifat sumber terbuka (open source), sehingga semua orang bisa mengakses dan mengawasinya, termasuk memberikan usulan.

Tetapi, diperlukan sejumlah programer dan lead developer (pengembang inti) yang sangat berpengalaman dan dipercaya untuk menjaga integritas (keterpaduan) kode-kode di dalamnya. Salah seorang di antaranya yang mencuat baru-baru ini adalah Amiti Uttarwar, (28).

Gavin Andresen Jadi Ragu Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto si Pencipta Bitcoin

Setelah Satoshi Nakamoto undur diri dari percakapan di dunia maya pada tahun 2012, tongkat estafet pengembangan berikutnya diserahkan kepada Gavin Andresen, lalu kepada sejumlah developer lainnya hingga hari ini.

Sejumlah nama kontributor dan lead developer Bitcoin Core. Sumber: Bitcoin.org.

 

Dinamika kontribusi terhadap Bitcoin Core sejak 30 Agustus 2009 hingga 3 Desember 2020. Sumber: Github.

Pengembangan Bitcoin bisa dipantau di situs berikut ini. Sedangkan pusat informasi pengembangan Bitcoin Core bisa dilihat di sini.

Namun donasi untuk pengembangan Bitcoin Core tak sepi sorotan, setidaknya oleh Dimaz Ankaa Wijaya, pakar dan peneliti blockchain di Australia. [red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait