Anatoly Aksakov, Kepala Keuangan Pemerintah Rusia, salah seorang pembicara utama di Blockchain Life 2020, memprediksi awal uji coba rubel digital. Pemerintah Rusia bersiap-siap meluncurkan uji coba paling cepat tahun depan, katanya beberapa waktu lalu.

Hal itu ditegaskan lagi pada 24 Oktober 2020 lalu. Kepala Bank Sentral Rusia mengatakan akan mengujicoba rubel digital pada tahun 2021 mendatang.

Bagi bank sentral negeri beruang merah itu, teknologi untuk rubel digital jauh lebih murah dan cepat dibandingkan dengan sistem tradisional saat ini.

“Ini sangat nyata. Namun demikian, kami harus berkonsultasi kepada publik dahulu, sebelum mengujicoba kepada pengguna secara terbatas. Kami akan gelar pada akhir 2021,” kata Elvira Nabiullina Kepala Bank Sentral Rusia dalam rapat daring belum lama ini, dilansir dari kantor berita TASS.

Rencana penerbitan rubel digital berlangsung dalam kerangka CBDC alias Central Bank Digital Currency, bentuk digital murni dari mata uang fiat yang diterbitkan oleh negara lewat bank sentral.

Antusiasme Tinggi
Kendati masih dalam kondisi pandemi, antusiasme peserta di Forum Blockchain Life 2020 itu tergolong cukup tinggi.

Forum Blockchain Life sendiri adalah acara tahunan terbesar dan berskala internasional di industri aset kripto. Tahun ini acara itu digelar pada 21-22 Oktober 2020 lalu, di Moskow, Rusia.

Acara yang didukung oleh Blockchainmedia.id itu, kendati dihadapi kendala COVID-19 acara dihadiri oleh lebih dari 3 ribu peserta.

“Pemimpin industri global, pengusaha, investor serta startup di industri aset kripto berkumpul untuk membahas tren terkini dan menentukan perkembangan aset kripto ke depan. Di forum tersebut, lusinan kontrak disepakati antara perusahaan, investor dan pemberi dana,” ujar tim panitia kepada Blockchainmedia.id beberapa waktu lalu.

Pembicara utama di forum ini termasuk Ben Goertzel dari SingularityNET, Sergei Khitrov (Listing.Help), Alexander Borodich (Universa), Gleb Kostarev (Binance), Ian Balina (Token Metrics), Anton Ananyev (OKEx), Rauan Khassan (TradingView), Ben Zhou (Bybit), Ivan Maslov (Bitfury), Artem Kalikhov (Waves Enterprise) dan Jason Luo (BitForex).

Forum tersebut menyoroti soal penerapan blockchain. Para pembicara menjelaskan bagaimana cara memonetisasi blockchain, menganalisa kegunaan nyata penerapan blockchain untuk bisnis dan sektor publik di tahun 2020, serta mengungkap “jeroan” proyek-proyek baru yang diterapkan di Rusia dan negara lain.

Topik lain yang tak kalah menarik perhatian peserta adalah bagaimana DeFi (keuangan desentralistik), terutama bagaimana cara meraih cuan dengan DeFi.

Di Forum Blockchain Life 2020, para pakar berbicara tentang tren, prospek dan model motivasi baru di DeFi. Selain itu, para pakar memberikan nasihat hukum kepada peserta forum tentang metode yang harus dilaksanakan proyek DeFi agar tidak bernasib seperti ICO. Mereka juga membagikan wawasan terbaru tentang cara mendapat penghasilan. [ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO