spot_img
spot_img

Blockchainmedia.id Pakai WordStamp Buatan Trusti, Bertenaga Blockchain Vexanium

Blockchainmedia.id hari ini resmi mengumumkan telah menggunakan plugin WordStamp besutan Trusti.id. Plugin memungkinkan pembaca memverifikasi keutuhan setiap artikel. Stempel waktu (time stamp) setiap artikel diberikan identitas (hashed) dan direkam kekal (permanently) di blockchain Vexanium.

“Sejak Blockchainmedia.id terbit perdana pada tahun 2018, kami tak hanya berkomitmen untuk mengabarkan berita-berita menarik seputar teknologi blockchain dan aset kripto. Pada saat yang sama, kami mencari sejumlah piranti lunak yang cocok agar teknologi blockchain juga bisa diterapkan di media siber ini. Pilihan kami akhirnya jatuh pada plugin WordStamp besutan Trusti.id yang bertenaga blockchain Vexanium,” kata Vinsensius Sitepu, Pemimpin Redaksi Blockchainmedia.id.

Satu artikel di Blockchainmedia.id yang telah terbit pada 19 Januari 2021. Artikel itu sudah terekam di blockchain Vexanium melalui plugin WordStamp. Klik pada gambar untuk membuka artikel.

Vinsensius menegaskan, bahwa penerapan dan pengayaan teknologi blockchain di sektor media siber sangat penting guna meningkatkan trust pembaca.

Di setiap akhir artikel terdapat tautan WordStamp. Klik tautan, lalu tunggulah beberapa saat, hingga kotak Blockchain Validator muncul.

Katanya, sebelum lahirnya teknologi blockchain, setiap pembaruan (updating) isi media lazimnya dilakukan secara manual, dengan menambahkan kalimat pemberitahuan di awal artikel yang sudah terbit sebelumnya.

Pembaca pun merasa kesulitan untuk mencari bagian mana di naskah artikel yang sudah berubah.

Tampilan kotak Blockchain Validator WordStamp untuk artikel. Di bagian atas tertera “CERTIFICATE AND TIMESTAMP ARE VALID” yang menandakan bahwa tidak ada perubahan sama sekali pada artikel sejak artikel diterbitkan. Anda bisa membandingkan antara naskah di bagian “Original Version” dengan “Changed Version”. Untuk memastikan bahwa proses itu sudah tersimpan di blockchain Vexanium, silahkan pilih “Vexanium Tx- RAW” (via Trusti.id) ataupun “VIEW ON BLOCKCHAIN” (via Vexanium Blockchain Explorer).

“Dengan WordStamp kini pembaca bisa secara mudah melihat secara langsung apakah artikel asli masih utuh atau sudah mengalami perubahan. WordStamp secara otomatis menandai, bagian mana yang sudah berubah,” ujarnya.

Data RAW transaksi blockchain atas artikel itu yang tersimpan di Trusti.id. Klik pada gambar di atas untuk membuka tautannya.

Data RAW transaksi blockchain atas artikel itu yang tersimpan di blockchain Vexanium. Data itu serupa dengan yang tersimpan di Trusti.id. Klik pada gambar di atas untuk membuka tautannya.

Menurut Vinsensius, perubahan konten artikel di media siber, termasuk judul, relatif jarang terjadi. Hanya saja, dalam hal tertentu penting dilakukan, karena ada kesalahan penulisan, informasi kurang akurat, termasuk penambahan informasi baru.

“Karena itu pula, pembaca berhak tahu atas setiap perubahannya, termasuk artikel ini,” tambah Vinsensius.

Contoh satu artikel yang telah mengalami perubahan (terdapat notifikasi “THE CONTENT YOU ARE READING MAY BE HAVE CHANGED”. Di bagian Changed Version, pembaca bisa melihat bagian naskah yang berubah. Penegasannya bisa dilihat di bagian “Fingerprint”: The content hash codes not verified in the blockchain.

Sebelumnya Blockchainmedia.id sudah menggunakan plugin berbeda untuk fungsi serupa. Plugin itu besutan sebuah perusahaan startup asal Belanda. Hanya saja Vinsensius merasa masih ada kelemahan teknis dan biaya yang relatif tinggi, terkait biaya transaksi di jaringan blockchain yang mereka gunakan.

Memanfaatkan plugin WordStamp dan terpadu dengan blockchain Vexanium, efisiensi dapat dicapai, sekaligus bermanfaat bagi pembaca.

“Dengan penerapan WordStamp itu, kami dengan bangga memproklamirkan bahwa Blockchainmedia.id adalah media siber pertama di Indonesia dan mungkin di dunia yang secara serius menerapkan teknologi blockchain untuk urusan verifikasi konten. Saya berharap langkah seperti ini bisa diadopsi oleh media siber arus utama di Indonesia, khususnya yang tergabung di Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), guna meningkatkan kepercayaan pembaca,” pungkas Vinsensius. [red]


Blockchainmedia.id adalah media siber yang diterbitkan oleh PT. Blockchain Media Indonesia. Bermarkas di Medan, Sumatera Utara, perusahaan itu adalah anggota dari Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Organisasi perusahaan media itu adalah konstituen dari Dewan Pers

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait