Bos Apple: Kami Terus Berinvestasi di Metaverse

CEO Apple Tim Cook berkata metaverse memiliki potensi tinggi dan Apple terus berinvestasi. Bank investasi global Morgan Stanley dan Goldman Sachs memprediksi metaverse berpeluang menjadi industri senilai US$8 triliun.

Dalam laporan keuangan kuartal pertama 2022 pekan lalu, Cook menjawab pertanyaan soal metaverse. Ia menanggapi bahwa metaverse sangat menarik bagi Apple.

Ketika ditanya soal peluang metaverse dan peran Apple dalam sektor tersebut, CEO Apple itu mengutarakan Apple adalah perusahaan di bidang inovasi.

“Kami selalu menjelajahi teknologi baru yang muncul. Saya sudah berbicara panjang lebar tentang metaverse dan hal ini sangat menarik bagi kami,” jelas Cook.

Ia menambahkan, saat ini Apple memiliki 14 ribu ARKit di App Store. ARKit menghadirkan pengalaman augmented reality (AR) yang memukau bagi jutaan orang saat ini.

“Kami melihat potensi besar di metaverse dan akan terus berinvestasi,” tegas Cook.

Sejumlah pihak memperkirakan potensi ukuran metaverse dapat mencapai trilyunan dolar. Morgan Stanley dan Goldman Sachs berkata angka tersebut bisa mencapai US$8 trilyun.

Analis Eric Sheridan menjelaskan prediksi tersebut dalam acara di Goldman Sachs bertajuk “Memahami metaverse dan Web 3.0”. Ia ditanya soal evolusi metaverse dan ukuran peluang penghasilan di industri itu.

Menurut Sheridan, Goldman Sachs menganalisa ekonomi digital saat ini, dengan nilai sekitar 20 hingga 25 persen dari ekonomi global. Mereka melihat ekonomi digital akan terus bertumbuh.

Selain itu, akan ada ekonomi virtual yang berkembang beriringan dengan ekonomi digital. Sebab itulah, Sheridan melihat peluang metaverse dapat menjadi peluang senilai US$2 hingga US$12 triliun, dengan US$8 triliun sebagai nilai tengah bagi semua kemungkinan.

Pada bulan Desember, ahli strategi Bank of America, Haim Israel, berkata metaverse adalah peluang besar dimana aset kripto akan dipakai sebagai mata uang. Ia yakin metaverse akan berkembang menjadi tren yang luar biasa besar.

Sementara itu, CEO Ark Investment Management, Cathie Wood, melihat metaverse sebagai pasar senilai trilyunan dolar. Pengelola aset kripto Grayscale Investment pun berkata hal serupa, yaitu metaverse bisa menjadi peluang usaha US$1 triliun.[news.bitcoin.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait