Bos Binance: Diversifikasi Investasi Itu Penting, Jangan Hanya Kripto

CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) melakukan sesi tanya jawab Ask Me Anything (AMA) pada situs media sosial Reddit. Ia membahas beragam topik, termasuk nasihat investasi untuk melakukan diversifikasi aset selain kripto.

“Secara investasi, saya bukan contoh baik. Saya tidak melakukan diversifikasi,” jelas Zhao. Kendati dirinya fokus investasi di Binance, ia menyarankan orang lain untuk diversifikasi selain kripto.

Ia menambahkan, dirinya totalitas berinvestasi di kripto, Binance Coin (BNB) dan Bitcoin (BTC). Zhao menggunakan Binance Card untuk berbelanja dan bertransaksi kemanapun ia pergi.

Sekadar informasi, pria berusia 44 tahun tersebut sebelumnya bekerja di Bursa Efek Tokyo untuk mengembangkan sistem trading sebelum melanjutkan karir di sistem perdagangan berjangka Bloomberg Tradebook.

Ia lalu membangun bursa kripto Binance mulai tahun 2017. Decrypt melaporkan, Zhao saat ini memegang 30 persen kepemilikan saham Binance.

Sebab itu, Zhao merupakan orang terkaya ke-19 di dunia dengan nilai kekayaan US$17,4 milyar, menurut majalah Forbes.

Dalam sesi tanya jawab tersebut, Zhao menjawab beragam pertanyaan termasuk keputusan Binance untuk memperdagangkan Terra (LUNA) kendati nilainya ambruk. Topik lain termasuk cara Binance menangani dana nasabah serta masa depan Binance Chain.

Menanggapi pertanyaan kelanjutan perdagangan LUNA, Zhao menjelaskan perdagangan aset tersebut sempat dihentikan dikarenakan jaringan Terra dinonaktifkan oleh validator.

Ia menambahkan, aktivitas perdagangan dari Binance mendesak validator untuk mengaktifkan kembali jaringan.

“Kami menangguhkan perdagangan sementara ketika validator menghentikan blockchain. Hal itu menyebabkan banyak keluhan dari pengguna. Tetapi saya yakin tindakan kami berhasil mendesak validator untuk kembali menyalakan jaringan dalam hitungan jam,” jelas Zhao.

CEO Binance tersebut menekankan tidak adanya bias dalam pasar aset kripto.

“Tidak ada yang memaksa siapapun membeli dengan kembali aktifnya perdagangan. Ada pembeli dengan toleransi resiko tinggi yang siap membeli dari penjual. Pasar kripto bersifat netral,” ungkap Zhao.

Soal sifat Binance Chain yang sentralistik, Zhao berkata jumlah validator Binance Chain yang terbatas membantu pencapaian waktu transaksi cepat. Ia menjelaskan dirinya tidak terlibat keputusan soal hal itu, tetapi ia dapat menyampaikannya ke pengembang inti Binance Chain.

“Sebatas pengetahuan teknis saya, ada positif dan negatif antara jumlah node dan performa blockchain saat ini,” pungkas Zhao.

Soal dana pengguna di bursa kripto terbesar di dunia, Zhao mengklarifikasi bahwa dana tersebut tidak pernah bercampur dengan dana operasional perusahaan.

Bila terjadi kebangkrutan atau hal serupa, dana akan dikembalikan kepada pengguna terlebih dulu sebelum ke pemilik saham. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait