Bos MicroStrategy: Bitcoin dan Lightning Network Bisa Selamatkan DeFi dari Kehancuran

CEO MicroStrategy Michael Saylor berkata Bitcoin dan Lightning Network dapat menyelamatkan DeFi di tengah kondisi pasar kripto yang retak.

Dua protokol DeFi besar, Terra (LUNA) dan Celsius (CEL), menghadapi permasalahan dalam waktu berdekatan sehingga sektor DeFi terancam pailit.

Menghadapi peluang tersebut, Saylor berpendapat Bitcoin (BTC) dan Lightning network (LN) dapat membantu menstabilkan industri DeFi.

Potensi Bitcoin dan Lightning Network pada DeFi 

Saylor menanggapi berita Bloomberg yang menyoroti beragam permasalahan di sektor DeFi. Ia berkata, Bitcoin adalah pondasi teknis dan ekonomis yang aman serta etis bagi DeFi. BTC dan LN dapat digunakan untuk membangun DeFi generasi berikutnya.

Pendiri platform kustodi aset digital Liminal, Mahin Gupta, berkata kepada Bloomberg bahwa kasus Celsius akan berdampak besar terhadap industri kripto. Celsius adalah pemain besar, dan kegagalan platform peminjaman tersebut akan menjalar ke seluruh industri.

Celsius menangguhkan penarikan dan transaksi lain pada platformnya tidak lama setelah kegagalan LUNA dan Terra USD (UST) yang menjanjikan imbal hasil 20 persen per tahun kepada investor.

Keruntuhan LUNA yang terpicu ketika UST gagal mempertahankan pasak terhadap USD dan Celsius yang menghentikan penarikan menjadi pukulan besar bagi investor kripto di tengah kondisi ekonomi makro yang lesu.

Sebab itu, CEO MicroStrategy tersebut bersemangat soal LN, solusi skalabilitas layer 2 bagi Bitcoin. Menurut Saylor, BTC adalah masa depan keuangan dan LN membantu skalabilitas transaksi.

“Bila Anda melakukan pembayaran dan transaksi kecepatan tinggi, Anda membutuhkan pondasi yang aman secara etis, ekonomis dan teknis. Itulah Bitcoin, dan milyaran transaksi akan terjadi melalui layer 2 seperti Lightning,” jelas Saylor, dikutip dari Coin Telegraph.

Aplikasi DeFi pada jaringan Bitcoin tidak meraih minat yang sama seperti pada blockchain lain Ethereum (ETH), Solana (SOL), Avalanche (AVAX) dan lainnya.

Kendati demikian, sejumlah pengamat kripto meyakini DeFi dapat diterapkan secara sinambung pada LN. Stablecoin dan pinjaman dengan agunan BTC merupakan penerapan yang valid.

Aliasgar Merchant, pengembang blockchain, berkata DeFi sedang mengalami kesulitan di tengah pasar kripto yang melalui musim dingin.

Menurut Merchant, dua aspek paling penting untuk membangun sistem DeFi yang solid adalah skalabilitas dan interoperabilitas. Ia menambahkan, setelah pondasi dibangun, komunitas kripto dapat fokus membuat protokol lebih spesifik untuk memenuhi permintaan pasar DeFi. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait