Bos MicroStrategy Digugat karena Tak Bayar Pajak Selama Bertahun-tahun

Jaksa Agung dari Distrik Kolombia (DC) AS telah menggugat Bos MicroStrategy, Michael Saylor, karena telah menghindari pajak selama bertahun-tahun.

Jaksa Agung Karl Racine telah melayangkan gugatan perdata pada Michael Saylor dan perusahaan yang ia pimpin, MicroStrategy, atas dugaan penipuan pajak.

Racine mengklaim bahwa gugatan pada perusahaan dilayangkan karena telah membantu Saylor untuk menghindari pajak.

“[MicroStrategy] membantu Saylor menghindari pajak yang dia berutang secara legal atas ratusan juta dolar AS yang dia peroleh saat tinggal di DC,” ujar Racine.

IKLAN

Sebenarnya, Bos MicroStrategy tersebut hanya berutang pajak sebesar lebih dari US$25 juta. Namun, itu menjadi lebih dari empat kali lipat karena hukuman yang ditetapkan dalam gugatan.

Racine pun menggambarkan Michael Saylor sebagai miliarder teknologi yang telah tinggal di DC selama lebih dari satu dekade, tetapi tidak pernah membayar kewajibannya (pajak). Pihak pengadilan akan datang untuk meminta pertanggungjawaban.

Bos MicroStrategy Menghindari Pajak

Berdasarkan laporan Decrypt, Saylor telah dituduh menggunakan “skema rumit” dalam penghindaran pajak di DC antara tahun 2014 sampai 2020.

Saylor mengklaim dirinya adalah warga dari negara bagian yang bebas pajak, Florida, namun ia selalu ada di DC di sepanjang tahun. Saylor melakukan penipuan alamat tempat tinggal dalam pengajuan W-2 yang tidak akurat.

IKLAN

Sementara, MicroStrategy diklaim oleh Racine telah memiliki informasi terperinci terkait tempat tinggal Saylor di DC. Namun, perusahaan justru bekerjasama dengan mantan CEO-nya untuk memfasilitasi penghindaran pajaknya.

Racine juga mengatakan bahwa tuduhan berasal dari Dewan DC, yang mengamandemen UU Klaim Palsu untuk mendorong pelaporan penduduk yang menghindari aturan pajak.

“Dengan gugatan ini, kami memberi tahu penduduk dan pengusaha bahwa jika Anda menikmati semua manfaat hidup di kota besar kami sambil menolak membayar bagian pajak yang adil, kami akan meminta pertanggungjawaban Anda,” ujar Racine, dilansir dari Cointelegraph.

Penghindaran pajak biasanya dilakukan para orang kaya di AS, namun hanya dalam bentuk pengurangan beban pajak saja melalui bantuan pakar hukum dengan memanfaatkan celah peraturan pajak.

IKLAN

Namun, apa yang dilakukan Michael Saylor telah dinilai dalam tindak penghindaran pajak yang ekstrim, terlebih dilakukan selama bertahun-tahun yang cukup mengejutkan jagat kripto. [st]

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait