spot_img
spot_img

Brave Ubah Kebijakan Imbalan Referal BAT, Pengguna Indonesia Hanya Dapat 1 Dolar

Setelah berjalan beberapa bulan, Kebijakan imbalan kripto BAT pada Program Brave Reward besutan pada peramban (browser) Brave akhirnya diubah. Imbalan BAT akan berbeda-beda di setiap negara bergantung pada kategori wilayahnya masing-masing.

“Kami akan menerapkan sejumlah perubahan penting dalam sistem imbalan BAT pada program Brave Reward. Jumlah penarikan minimal imbalan BAT akan berubah dari US$5, menjadi jumlah tertentu bergantung pada pengelompokkan wilayah negaranya (tier). Perubahan ini akan berlaku mulai 1 Desember 2019,” sebut tim Brave dalam siaran pers yang diterima redaksi hari ini.

Tim Brave beralasan, langkah ini dilakukan agar lebih efisien untuk memantau pertumbuhan adopsi pada skema referal pada program Brave Reward ini. Selama ini besaran imbalan referal adalah US$5 untuk setiap pengguna di semua negara.

Tim Brave menyebutkan ada 5 tier dalam perubahan itu, di mana setiap negara-negara dikelompokkan pada masing-masing tier tersebut. Berikut imbalan kripto BAT untuk setiap tier yang nilainya setara dolar AS: Tier 1: US$7,50, Tier 2: US$6,50, Tier 3: US$5,00, Tier 4: US$2,00 dan Tier 5: US$1.

Untuk Tier 1, yang berhak mendapatkan imbalan US$7,50 hanya ada satu negara, yakni Amerika Serikat. Sementara negara-negara lain dikelompokkan pada tier lainnya. Bagi negara-negara lain yang tidak dikelompokkan pada tier 1-4, maka masuk dalam negara tier 5. Indonesia sendiri masuk dalam Tier 5 dan hanya berhak mendapatkan imbalan BAT setara US$1.

Brave adalah peramban (browser) yang berfungsi memblokir konten-konten iklan, termasuk skrip yang dirasa membuat tak nyaman pembaca di website seperti situs berita.

Peramban Brave secara otomatis iklan pada website, termasuk sejumlah skrip yang ada pada website atas dasar privasi. Namun demikian, belum lama ini Brave meluncurkan fitur ‘nonton iklan dibayar BAT’. Tapi, ini terbatas pada iklan-iklan dari mitra perusahaan Brave. Disematkan pada layanan Brave Reward, pengelola website juga bisa menyematkan sistem donasi dengan menerima BAT dari pembacanya.

Inovasi
Teknologi blockchain menghadirkan beragam terapan nyata di Internet. Aspek utama di dalam blockchain, yakni reward (imbalan) dalam wujud aset kripto, adalah penting sebagai pendorong kegiatan bermutu berikutnya. Adalah peramban (browser) Brave bisa memberikan itu kepada Anda. Bagaimana caranya?

Sebelumnya, kita perlu membedakan aspek monetisasi konten website tradisional dengan berbasis blockchain. Jikalau Anda seorang blogger, monetisasi biasa adalah melalui pemasangan iklan dan donasi menggunakan sistem pembayaran PayPal atau kartu kredit. Nah, jikalau Anda menggunakan Brave Reward, maka Anda selaku blogger bisa menerima aset kripto BAT (Basic Attention Token) sebagai bentuk donasi dari pembaca Anda. Nah, dengan menerima BAT, maka Anda berpeluang mendapatkan capital gain dari kenaikan harganya di pasar aset kripto.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, harga BAT sejak awal tahun ini mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Pada 1 Januari 2019 BAT bertengger di US$0,128. Pada April 2019 BAT setara dengan US$0,31. Artinya BAT memuncak hingga 142,1875 persen.

Dari segi “nilai produk”, BAT sebenarnya lumayan baik, karena merupakan bagian penting dari peramban Brave. Dengan menggunakan Brave ini berselancar di Internet memang terbukti cepat, karena mampu memblokir iklan dan sejumlah skrip website yang tidak diperlukan atau dianggap melanggar privasi pengguna.

Sebelum Anda bisa menerima donasi (tips) dalam bentuk BAT, Anda terlebih dahulu membuat akun di program Brave Reward sebagai Publisher. Disarankan ketika membuatnya melalui peramban Brave. Setelah mengisi sejumlah isian di borang (form) yang disediakan dan memasukan skrip kecil di website, Anda harus menunggu paling lama 48 jam hingga akun Brave Reward Anda disetujui oleh pengembang. Skrip ini sangat diperlukan untuk memastikan website Anda terpadu dengan akun Brave Reward Anda. [red]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait