spot_img
spot_img

Brazil Menjual Bitcoin Sitaan Setara Rp15,8 Milyar

Pengadilan Brazil menjual Bitcoin sitaan senilai US$1,1 juta atau setara Rp15,8 milyar pada bulan lalu. Baru kemarin terungkap di media lokal. BTC sebanyak itu adalah hasil sitaan kejahatan investasi bodong berkedok kripto tahun 2019.

“Pengadilan Federal di Espirito Santo memerintahkan menjual Bitcoin sitaan senilai US$1,1 juta itu pada bulan lalu di bursa kripto terbesar di Amerika Latin, yakni Mercado Bitcoin. BTC itu adalah sitaan polisi pada tahun 2019 dari Tradergroup,” sebut media lokal, PortaldoBitcoin, Jumat (6/8/2021). Inilah kali pertama Brazil melelang kripto hasil kejahatan.

Tradergroup adalah skema investasi bersalut kripto dengan model skema Ponzi. Pengelolanya menjanjikan keuntungan besar dalam waktu yang sangat pendek.

Terpantau di transaksi Bitcoin itu, satu address bersaldo 30 BTC. Ketika disita pada tahun 2019, nilainya setara dengan 14 ribu real atau setara dengan Rp38 juta.

2 BTC dari 30 BTC dikembalikan kepada yang berhak, karena terbukti tidak terkait kasus itu.

Berdasarkan dokumen pengadilan yang dibaca oleh media itu, perintah penjualan diajukan pada tahun 2020 oleh Jaksa Penuntut Umum Federal Alexandre, Senra.

“Ada banyak korban TraderGroup ini. Sebagian meminta dananya kembali dalam bentuk BTC,” kata Senra kepada PortaldoBitcoin.

TraderGroup

The TraderGroup , yang dirancang oleh Wesley Binz, mengaku sebagai perusahaan investasi kripto besar pada tahun 2019.

Ia menjanjikan imbal hasil besar lewat investasi kripto. Akan tetapi pihak berwenang mengendusnya dan menggunakan skema Ponzi, di mana setiap anggota wajib mencari anggota baru agar skema ini tetap bertahan.

Pada tahun 2019, TraderGroup dihentikan paksa dalam operasi “Madoff” yang melibatkan lebih dari 43 agen Polisi Federal Brazil.

Pada saat itu, pengadilan memblokir kripto, rekening bank, mobil dan properti milik pengelola skema.

Lelang Bitcoin di AS

Di Amerika Serikat, penjualan Bitcoin sitaan sering terjadi. Kasus pertama terjadi pada tahun 2014 melalui US Marshals Service, sebuah divisi di bawah Kementerian Hukum. Pada saat itu, pengusaha Tim Draper membeli Bitcoin 30.000 BTC. Kemudian, pada Juni 2021, pemerintah AS melelang lagi, 150 LTC dan 8,93 BTC. [red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait