BREAKING: Anak Buah Do Kwon Terra Diciduk Kejaksaan Korsel

Anak buah Do Kwon Terra, yang menjabat sebagai Kepala General Affairs Terraform Labs, dikabarkan telah diciduk oleh kejaksaan Korea Selatan. Ini adalah penangkapan kali pertama terhadap orang-orang yang terkait kasus Terra Luna dan Do Kwon.

Dilansir dari media kripto Forkast News, Kamis (6/10/2022), Kantor Kejaksaan Distrik Selatan Seoul telah mengeluarkan surat perintah pengadilan pada Rabu kemarin terhadap Yoo, Kepala General Affairs Terra, dengan tuduhan melanggar undang-undang pasar modal, penipuan dan dianggap lalai menjalankan tugasnya. Media lokal Korsel, JTBC juga memuat kabar penangkapan itu.

Anak Buah Do Kwon Benar Ditangkap

“Jaksa Choi Sung-kook membenarkan informasi penangkapan Yoo itu. Namun Choi menolak mengungkapkan tanggal pasti dan lokasi penangkapan itu,” tulis Forkast.

Choi menegaskan, Yoo disangka menggunakan piranti lunak otomatis alias bot sofwtare untuk menggelembungkan dan memanipulasi harga pasar kripto Terra (LUNA).

IKLAN

Yoo juga disebut-sebut sebagai “orang andalan” salah seorang pendiri dan Kepala Terraform Labs, yakni Kwon Do-hyung alias Do Kwon. Nama Yoo juga tertera sebagai tersangka pada surat panggilan jaksa pada 14 Septemer 2022 lalu.

Sementara itu, sebelumnya diberitakan bahwa otoritas Korea Selatan telah menangguhkan penerbitan paspor untuk Do Kwon dan Interpol telah menetapkan dirinya sebagai buronan internasional.

Do Kwon Sangkal Terlibat Kejahatan

Lewat Twitter, Do Kwon berulang kali menyangkal terlibat dalam manipulasi proyek kripto itu dan mengaku tidak melarikan diri. Pemerintah Singapura pun sudah memastikan Do Kwon tak lagi tinggal di Singapura.

Pihak kejaksaan Korsel juga mengaku sudah memblokir sejumlah aset kripto Do Kwon di beberapa bursa kripto yang bernilai setara dengan Rp594 milyar. Namun Kwon menyangkal itu adalah miliknya pribadi ataupun milik organisasi terafiliasi Terra.

“… Tidak punya waktu untuk berdagang, tidak ada dana yang dibekukan… Saya tidak tahu dana siapa yang mereka bekukan, tapi bagus untuk mereka, semoga mereka menggunakannya untuk kebaikan,” tambahnya. [ps]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait