BREAKING: Youtube Channel Suara.com Diduga Diretas, Berubah Menjadi “CEO Ripple”

Youtube Channel Suara.com, media digital terkemuka di Indonesia, kuat diduga telah diretas. Pasalnya, nama channel berubah menjadi “[CEO] Ripple”, termasuk logo menjadi simbol XRP, kripto berkapitalisasi besar itu.

Kabar berubahnya channel itu dikabarkan oleh salah seorang pembaca setia Blockchainmedia.id pada Senin (30/5/2022), lewat Telegram.

“Channel Suara.com kena hack,” sebut pembaca itu pada pukul 12.46 WIB.

Redaksi pun menelusuri channel yang dimaksud (https://www.youtube.com/user/suaradotcom/videos) dan memang benar nama dan logo sudah berubah dan URL itu memang benar milik pihak Suara.com, yang dapat diverifikasi langsung dari situsnya.

Channel itu dibuat pada 27 Februari 2014 dengan jumlah pelanggan mencapai 592 ribu. Total tingkat tontonan mencapai 245.301.599 kali.

Bahkan deskripsi di bagian “Tentang” sudah berubah menjadi: “Ripple CEO Brad Garlinghouse highlighted that there are cryptocurrency tokens focused on solving problems”, dengan lokasi berubah dari Indonesia menjadi Amerika Serikat.

Video terakhir yang diunggah adalah “Mau Makan Ice Cream di Kulkas, Pas Dibuka Isinya Ternyata Bumbu Dapur”, pada Senin (30/5/2022).

Fenomena perubahan Youtube Channel yang diretas menjadi terkait dunia kripto, marak terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Riak Brad Garlinghouse di Raga Ripple

Pada 26 April 2022 lalu Youtube Channel Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga bernasib serupa.

“Akun Youtube Channel Ganjar Pranowo telah diretas pihak lain. Saat ini akun sedang coba dipulihkan dengan bantuan pihak Youtube. Mohon berhati-hati jika ada yang mengatasnamakan Youtube Ganjar Pranowo”, demikian kalimat unggahan yang tertulis pada akun Instagram @ganjar_pranowo,” dilansir dari Inilah.com.

Berdasarkan informasi di laman “Bantuan” Google, pihak manapun bisa melaporkan kejadian seperti ini langsung kepada Google, dengan sejumlah langkah pengamanan awal, di antaraya mengamankan akun Google terlebih dahulu, yakni dengan mengganti kata sandi dan melakukan verifikasi terhadap langkah itu. Pengamanan akun Gmail juga penting, mengingat juga terkait dengan akun media sosial lainnya.

Biasanya, tim YouTube akan langsung memproses permintaan pengembalian akun kepada pemilik akun yang sah dalam waktu 3-4 hari kerja.

Harga XRP saat ini berkisar US$0,4029, naik 5,08 persen dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu nilai pasar kripto kembali ke US$1,2 triliun dengan harga BTC di atas 30 ribuan per BTC. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait