Bukti Kuat Aset Kripto Degree Crypto Token (DCT) Direstui oleh Bappebti

Ini adalah bukti kuat terbaru bahwa aset kripto Degree Crypto Token (DCT) telah direstui oleh Pemerintah Republik Indonesia lewat Bappebti.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia baru saja mengumumkan daftar terbaru 339 aset kripto yang boleh diperdagangkan di Indonesia. Salah satu kripto yang tertera di dalamnya adalah Degree Crypto Token (DCT).

aset kripto bappebti

Daftar aset kripto itu adalah lampiran dalam  Peraturan Badan pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 11 tahun 2022 Tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

IKLAN

Sebelumnya Bappebti menetapkan daftar 229 aset kripto, berdasarkan Peraturan Bappebti Nomor 7 Tahun 2020.

“Aset kripto pada daftar itu [peraturan tahun 2020-Red] sudah tidak sesuai dengan perkembangan hukum dan kebutuhan perdagangan pasar fisik aset kripto, sehingga perlu diganti,” tertera pada peraturan baru itu, yang ditandatangani oleh Pelaksana Teknis (Plt) Bappebti, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Didid Noordiatmoko.

Apa Itu Degree Crypto Token (DCT)?

Menurut penuturan Tim DCT hari ini, Degree Crypto Token (DCT) merupakan aset kripto karya anak bangsa Indonesia yang memanfaatkan teknologi TRC20.

“Adapun perusahaan pengembang dari Degree Crypto Token adalah PT Konakami Digital Indonesia yang berkantor pusat di Kota Palembang, Sumatera Selatan. PT Konakami Digital Indonesia menjadi penyedia platform tunggal untuk membantu memastikan pengembangan ekosistem Degree Crypto Token sehingga membuat aset kripto ini bisa berjalan dengan baik dan tepat guna,” sebut Tim DCT, Rabu (10/8/2022).

IKLAN

Degree Crypto Token menggunakan sistem Proof-of-Stake (PoS) yang dikembangkan oleh PT Konakami Digital Indonesia. PoS merupakan metode untuk menjaga integritas aset kripto yang mencegah pengguna atau penambang menerbitkan token tambahan yang tidak mereka hasilkan.

Dalam konsep PoS, seseorang dapat menambang atau memvalidasi transaksi block sesuai dengan jumlah token yang dimilikinya. Artinya, semakin banyak token yang dimiliki seorang penambang, maka semakin besar kekuatan penambangannya dan mendapatkan imbalan.

Dalam konteks DCT, para penggunanya wajib memiliki software khusus, yakni DCT Miner yang disediakan oleh PT Konakami Digital Indonesia.

Software ini diperdagangkan secara terbuka dan manfaat dari perdagangan ini menjadi satu kesatuan ekosistem perkembangan token DCT.

IKLAN

Untuk perancangan dan nilai jual dari software ini sepenuhnya menjadi otoritas PT Konakami Digital Indonesia.

Saat ini Degree Crypto Token diperdagangkan di 3 bursa kripto ternama, seperti Digitalexchange.id, SunSwap dan Latoken.

Aset Kripto dan Bappebti

Di Indonesia, sejak tahun 2018 Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Perdagangan, menetapkan kripto bukanlah alat transaksi pembayaran seperti uang, melainkan masuk kategori komoditi/intangible asset.

Hingga saat ini belum ada perusahaan bursa berjangka khusus aset kripto yang beroperasi, sesuai dengan amanat peraturan tersebut. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait