Bursa Kripto Ini Hapus Biaya bagi Pengguna Ukraina

Bursa peer-to-peer Bitcoin terbesar di dunia, LocalBitcoins, mengumumkan keputusan untuk menghapus biaya bagi pengguna asal Ukraina. Kebijakan ini berlaku bagi pengguna Ukraina berdomisili di negara manapun tanpa batas waktu yang ditentukan.

Pengumuman itu diterbitkan di akun Twitter LocalBitcoins pada Selasa (01/03/2022) lalu disertai dengan penjelasan dampak terhadap pengguna Ukraina.

Bursa Kripto Ini Bebaskan Biaya Bagi Pengguna Ukraina 

Pengguna berkewarganegaraan Ukraina akan mendapat dompet Bitcoin (BTC) gratis terlepas dari domisili saat ini. Selain itu, pengguna Ukraina mendapat opsi untuk menerima BTC secara instan dan gratis di Ukraina dari negara manapun dan juga fasilitas menukar BTC ke hryvnia Ukraina dengan cepat.

Menurut Kepala Pemasaran LocalBitcoins, Jukka Blomberg, inti dari LocalBitcoins adalah kebebasan. Ia berkata, “Kami memahami saat ini Ukraina menghadapi masa-masa sulit.”

Sebab itu, LocalBitcoins menggratiskan semua biaya bagi pengguna asal Ukraina.

Akibat pengumuman tersebut dan perkembangan positif lainnya, volume perdagangan mata uang nasional Ukraina, hryvnia, mencapai rekor tertinggi di pasar aset kripto. Hal tersebut diamati pada bursa kripto LocalBitcoins dan Binance serta bursa kripto Ukraina terkemuka, Kuna.

Sejak awal penyerangan Rusia, jumlah pasangan perdagangan hryvnia pada bursa Binance dan LocalBitcoins bagi BTC, Ethereum (ETH) dan stablecoin seperti Tether (USDT) dan Binance USD (BUSD) melonjak mencapai tingkat tertinggi sepanjang riwayat.

Keputusan LocalBitcoins merupakan kasus teranyar dalam banjir dukungan bagi warga Ukraina seiring mereka bergulat dengan invasi dari militer Rusia.

Salah satu permasalahan akibat konflik Rusia Ukraina adalah kurangnya akses warga Ukraina terhadap sistem perbankan tradisional. Sebab itu, mereka semakin mengandalkan aset kripto.

Sebab banyak warga Ukraina dan Rusia tidak bisa mengandalkan bank konvensional dikarenakan penutupan dan sanksi, sejumlah individu menyadari pentingnya kepemilikan aset yang anti sensor yang dapat dipindahkan antar negara tanpa melalui perantara keuangan tradisional.

Sejak awal penyerangan pada dini hari 24 Februari lalu, sumbangan dalam bentuk kripto datang membanjiri dari seluruh dunia. Sumbangan tersebut ditujukan kepada rekening pemerintah Ukraina, AidForUkraine, UkraineDAO, Unchain.Fund dan organisasi nirlaba Come Back Alive.

Saat ini, nilai sumbangan tersebut telah mencapai lebih dari US$50 juta. [finbold.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait