Bursa Kripto Korsel Terbitkan Peringatan untuk Stablecoin Tron dan Waves

Upbit, bursa kripto domestik terbesar di Korea Selatan, menerbitkan peringatan terkait peluang kegagalan pasak (depegging) stablecoin Tron dan Waves, yakni USDD dan USDN.

“Saat ini, ada situasi dan kekhawatiran bahwa pasak USDD dan USDN tidak dikelola secara normal,” jelas Upbit, dikutip dari BeInCrypto.

Peringatan untuk Stablecoin Tron dan Waves 

Menurut Upbit, hal tersebut dapat meningkatkan fluktuasi harga Tron (TRX) yang terhubung USDD dan Waves (WAVES) yang terhubung USDN. Sebab itu, investor dihimbau berhati-hati membeli kedua aset kripto tersebut.

Kedua stablecoin algoritmis USDD dan USDN sedang volatil dengan harga perdagangan di bawah US$1. USDD turun 1,5 persen selama 24 jam terakhir, sedangkan USDN turun hampir 1 persen menurut data CoinGecko.

Tron berada dalam tren menurun sejak bulan lalu. Hal ini dapat diakibatkan oleh USDD yang mulai kehilangan pasak terhadap USD. USDD dirancang sebagai overcollateralized stablecoin, yakni stablecoin dengan agunan berlebih.

Nansen, platform analisa blockchain, berkata perusahaan dana Oapital mulai mentransfer USDD dan stablecoin lain dalam jumlah besar. Oapital disebut menuai untung besar dari kegagalan pasak Terra USD (UST) yang terjadi pada awal bulan Mei lalu.

Awal bulan Juni, pemerintah Korsel berencana meluncurkan Komite Aset Digital menyusul peristiwa kegagalan Terra (LUNA) dan UST. Komite tersebut bertujuan memberikan perlindungan investor dan pengawasan lebih ketat bagi pasar kripto.

Komite Aset Digital menyatukan kinerja beragam kementrian, termasuk perencanaan keuangan, komisi keuangan, teknologi dan sains, komunikasi informasi dan perlindungan informasi pribadi.

Sejumlah bursa domestik Korsel baru-baru ini mengumumkan delisting Litecoin (LTC) disebabkan kekhawatiran perlindungan investor dan pencucian uang terkait fitur privasi MimbleWimble.

Lee Bok-hyun, direktur Dewan Pengawas Keuangan Korsel, berkata otoritas terkait formulasi atau interpretasi hukum dan regulasi kripto berada dalam kuasa regulator industri keuangan. Menurut Lee, pemerintah Korsel sedang mengkaji pembentukan kebijakan.

Di tengah kondisi pasar kripto yang lemah, sentimen bearish menyebabkan BTC berada di bawah level US$22 ribu. CoinGecko melaporkan, kapitalisasi pasar kripto global telah longsor ke nilai US$975 milyar dari US$3 triliun pada bulan November silam. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait