Bursa Kripto Syariah Huulk Lirik Malta

145

Malta terus memimpin sebagai negara yang merangkul usaha dan inovasi di bidang kripto dan blockchain, sekaligus industri keuangan syariah yang sedang naik daun. Huulk, yang bermarkas di Dubai (besutan OneGram) ingin meramaikannya, seperti yang dilansir dari CCN.com. Huulk akan mengajukan permohonan lisensi di Malta dan berharap dapat menggarap pasar kripto di Eropa.

Chief Executive Office OneGram, Ibrahim Mohammed, mengatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir, kawasan Timur Tengah mengalami pertumbuhan inovasi teknologi finansial termasuk token digital dan smart contract. OneGram menyediakan kesempatan untuk menarik untung dari perkembangan pesat teknologi di industri blockchain bagi para investor yang peduli akan pasar keuangan syariah dan keamanan investasi yang didukung komoditas.

BERITA TERKAIT  10 Fakta Bitcoin Cs Sebagai Sekuritas di Malaysia

Seorang narasumber yang mendalami ekonomi syariah, mengatakan kepada CCN bahwa langkah ini merupakan perkembangan yang mampu merevolusi dunia kripto dan blockchain dari sisi investor Muslim.

Perbankan Syariah merupakan sektor keuangan yang berkembang pesat. Tetapi adopsi kripto terhambat oleh aturan agama yang rumit. Namun, akhir-akhir ini penggunaan kripto bertumbuh setelah bitcoin dinyatakan legal di bawah hukum Islam, dan platform blockchain Stellar mendapat sertifikasi kepatuhan syariah dari Shariyah Review Bureau, sebuah lembaga internasional penasihat syariah di bawah lisensi Bank Sentral Bahrain.

Huulk berharap kemitraan tersebut membuka jalan baginya untuk melakukan pertukaran aset digital dan juga saham serta komoditas. Bianchi Holdings Limited yang berbasis di Malta akan menjadi mitra ekuitas di bursa tersebut. Ketua Bianchi Holdings, Michael Bianchi, juga terlibat dalam berbagai usaha blockchain dan kripto bersama Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Kerjasama ini membentuk Founders Bank yang sedang mengajukan lisensi operasi di Malta.

BERITA TERKAIT  Indodax Tambah Aset Baru Setiap Bulan

OneGram juga berencana me-listing kripto syariahnya di bursa Huulk pada pertengahan September. Tahun lalu, OneGram bekerjasama dengan GoldGuard yang berbasis di Dubai untuk membuat kripto didukung emas dan taat syariah. Proyek kripto OneGram berhasil menarik dana sebesar US$400 juta, yang membuatnya menjadi salah satu crowd sale terbesar dalam sejarah kripto.

Semakin banyak perusahaan kripto bekerjasama dengan bursa tradisional untuk menarik lebih banyak pelanggan, tetapi Huulk juga berusaha untuk menarik investor Muslim yang sadar agama.

Mohammed menjelaskan, bursa ini menargetkan untuk listing sekitar 20 perusahaan fintech Islam, yang beberapa di antaranya beroperasi di negara mayoritas Muslim seperti Turki dan Malaysia.

BERITA TERKAIT  Ketika Vitalik Tunggangi Unicorn

Beberapa perusahaan teknologi finansial telah mengembangkan produk yang taat syariah untuk memperluas langkah mereka di pangsa pasar Timur Tengah dan Asia Tenggara. Miliaran dolar modal diduga akan masuk ke pasar di sektor ini dalam beberapa tahun mendatang. [ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO