Cara Membeli Tanah Virtual di Metaverse Decentraland

Apakah Anda pernah membeli tanah? Ketika membeli tanah di dunia nyata, ada banyak tahap yang perlu dilewati. Mulai dari memastikan status tanah, mengecek keaslian surat, membuat akta jual beli, dan tahapan lainnya. Namun, bagaimana jika membeli tanah virtual di Metaverse? Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Jika Anda akrab dengan mata uang kripto, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Metaverse. Dunia virtual ini sekilas tampak seperti permainan, tetapi Metaverse lebih daripada itu. Di dalam dunia virtual ini, Anda memiliki sebuah avatar yang bisa dikendalikan, bekerja, berkumpul dengan teman, hingga berbelanja. 

Metaverse terasa semakin nyata sejak Facebook memutuskan untuk mengganti nama perusahaannya menjadi Meta sebagai bentuk keseriusannya menjajal dunia Metaverse. Namun, sebelum Mark Zuckerberg mengganti nama perusahaannya, sudah ada platform Metaverse yang lebih dulu hadir, yakni Decentraland.

Apa Itu Decentraland?

Decentraland merupakan sebuah dunia dan komunitas virtual yang berdiri di atas teknologi Blockchain Ethereum. Di dalam Decentraland, pengguna bisa bermain game, berinteraksi dengan pengguna lain, membeli barang dalam bentuk NFT, dan melakukan jual beli tanah. Para pengguna Decentraland juga berpartisipasi dalam Decentralized Autonomour Organization (DAO) milik platform ini. Dengan menjadi anggota DAO, pengguna bisa berpartisipasi langsung dalam tata kelola proyek.

Terdapat dua jenis token yang bisa ditemukan di Decentraland, yakni LAND dan MANA. LAND adalah non-fungible token (NFT) berupa kepemilikan tanah. Sementara itu, MANA merupakan mata uang kripto yang digunakan untuk pembayaran berbagai barang virtual, layanan, dan LAND.

Cara Kerja Decentraland

Decentraland bekerja dengan menggabungkan dunia virtual dengan teknologi Blockchain. Berbeda dari permainan Metaverse lainnya, Decentraland memungkinkan pemainnya untuk mengontrol langsung aturan dalam dunia online tersebut karena Decentraland berbasis DAO. Hal ini membuat pemain memiliki hak untuk melakukan voting terkait dengan kebijakan permainan. Misalnya, pengaturan jenis barang yang diizinkan di dalam Decentraland atau investasi untuk perbendaharaan.

Setiap barang yang ada pada Decentraland, seperti pakaian, tas, masker, hingga tanah virtual, dijual dalam bentuk NFT yang bernama LAND. Pemain menyimpan token tersebut di dompet kriptonya dan bisa menjualnya ke pengguna lain lewat Decentraland Marketplace.

Tidak hanya melakukan jual-beli barang dan properti, pemain juga bisa melakukan berbagai pemainan dan aktivitas bersama dengan orang lain. Selain itu, Decentraland juga bisa digunakan sebagai tempat memasang iklan maupun konten.

Cara Membeli Tanah Virtual di Decentraland

Salah satu hal yang membuat Decentraland begitu diminati adalah kemampuannya untuk melakukan jual-beli tanah virtual. Namun, jangan membayangkan seperti membeli tanah di dunia nyata karena membeli tanah virtual jauh lebih sederhana. Berikut ini cara membeli tanah virtual di Decentraland:

  • Pergi ke Decentraland Marketplace

Tanah virtual bisa Anda temui di Decentraland Marketplace. Pastikan menggunakan komputer desktop bukan mobile. Namun, sebelum melakukan transaksi, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu menggunakan wallet Metamask. Baca tutorialnya di sini. Jika sudah memiliki akun, klik menu “Parcels and Estates”, lalu klik “View All”.

  • Pilih tanah virtual yang diinginkan

Marketplace akan menunjukkan berbagai tanah virtual yang bisa Anda beli. Di sini, Anda bisa melihat lokasi tanah tersebut dan memperkirakan jaraknya dengan area yang terkenal. Jika sudah memilih tanah virtual yang Anda minati, klik pilihan Anda untuk melihat informasi tambahan. Setelah itu, klik “Buy” untuk lanjut ke pembayaran dan konfirmasi di wallet Metamask.

  • Lakukan transaksi

Setelah Anda dialihkan ke halaman pembayaran, Anda perlu menghubungkan dompet digital dengan akun Decentraland agar pembayaran bisa dilakukan. Tanah virtual yang sudah dibayar akan dikirimkan ke dompet digital Anda dalam bentuk NFT.

Beberapa dompet digital yang bisa dihubungkan secara mudah dengan Decentraland adalah MetaMask, Trust Wallet, dan lain sebagainya. Tentunya Anda juga perlu memiliki MANA atau ETH untuk bisa menyelesaikan transaksi.

  • Konfirmasi

Jika transaksi sudah selesai, LAND akan ada dalam dompet digital Anda. Untuk pengguna yang menggunakan Trust Wallet, Anda bisa melakukan konfirmasi dengan membuat menu “Collectibles”. Sementara itu, Anda yang menggunaka MetaMask bisa melihat tanah virtual Anda pada menu “NFTs”.

Untuk membeli sebidang tanah virtual di Decentraland, Anda perlu menyiapkan dana yang cukup banyak. Sepekan lalu, harga sebidang tanah virtual paling murah dibanderol dengan harga 4.288 MANA. Saat itu, harga satu MANA setara dengan Rp41.000, sehingga 4.288 MANA setara dengan Rp175.808.000. Sementara itu, harga tanah virtual termahal di Decentraland berhasil terjual dengan harga 618.000 MANA atau setara dengan Rp25 miliar.

Itu dia cara membeli tanah virtual di Metaverse Decentraland. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menginvetasikan dana Anda pada tanah virtual tersebut? [ps]

spot_img

Terkini

Terkait