Cara Menimbang NFT Bernilai Tinggi Seperti Milik Ghozali

Pemuda asal Semarang bernama Ghozali menjadi milyarder mendadak setelah berhasil menjual koleksi NFT “Ghozali Everyday” di marketplace OpenSea. Ia meraup royalti sebesar 31 ETH senilai Rp1,4 milyar dalam waktu beberapa hari.

NFT Ghozali, Rezekinya Ibarat Gozilla

Koleksi foto tersebut merupakan selfie yang dipotret Ghozali setiap hari selama tahun 2017 hingga 2022. Awalnya, masing-masing foto itu dibanderol dengan harga 0,001 ETH di OpenSea. Setelah foto Ghozali menjadi viral, satu NFT Ghozali sempat mencapai nilai 0,89 ETH setara US$2.919.

Para pembeli NFT Ghozali sempat menuai untung besar bila membeli saat harga masih murah dan menjual ketika tren menjadi viral. Tetapi, peristiwa seperti ini sangat langka dan sulit diketahui di depan. Bagaimana cara menimbang NFT bernilai tinggi seperti Ghozali?

Pertama, kaji kegunaannya. NFT menjadi berharga ketika terkait dengan benda berharga di dunia. Ketika pencipta memakai NFT sebagai perwakilan benda berharga, NFT itu menjadi lebih penting.

Sebagai contoh, NFT dapat mewakili item di dalam game, seperti kemampuan sihir, penambahan kekuatan dan lainnya. Para gamer memakai NFT untuk menambah sumber daya dalam permainan.

NFT tidak berguna bila tidak dipakai di dunia manusia. Permintaan NFT itu akan menjadi lamban. Sebab itu, investor perlu mencari NFT yang terkait dengan benda populer.

Kedua, kaji kelangkaannya. NFT yang memberikan token langka seringkali bernilai tinggi. Artis-artis ternama kini dapat memakai NFT untuk mewakili karya seni mereka, seperti lukisan.

Proyek NFT menjual karya seni tersebut melalui NFT kepada kolektor seni. NFT dapat dipakai untuk mengklaim karya seni itu lalu investor dapat menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Ketiga, kaji ukuran komunitasnya. Komunitas yang besar akan menari pembeli dan investor. Ukuran komunitas dapat menentukan popularitas suatu proyek NFT.

Permintaan terhadap NFT akan meroket ketika ribuan pengguna membicarakan dan menjadikannya viral, seperti dalam contoh Ghozali.

Menyoal Duplikasi File NFT “Proklamasi”, Copas dan Jual di Toko Lain

Kendati kegunaan dan kelangkaan NFT Ghozali tidak besar, Ghozali berhasil menarik dukungan dari komunitas NFT Indonesia, termasuk selebriti Master Chef Arnold Poernomo.

Keempat, kaji potensi pertumbuhan. Proyek NFT yang bernilai tinggi seharusnya bersifat unik dan didukung komunitas besar. Suplai terbatas digabung dengan permintaan tinggi akan menjadikan NFT tersebut langka.

Tidak sulit menemukan pembeli bagi NFT yang digandrungi. Popularitas dan kelangkaan token NFT akan menjadikannya lebih berharga.

Langkah-langkah di atas dapat dilakukan dalam waktu yang singkat untuk menemukan proyek NFT dengan potensi yang tinggi menjadi peluang investasi besar.

Untuk menjadi seperti Ghozali ada faktor keberuntungan dan mungkin rasionya 1:10000. Sangat langka terjadi. Namun, basis nilai NFT pemuda Semarang ini terletak pada konsistensinya mengumpulkan ratusan foto dalam rentang waktu yang lama. Dan itu tidak mudah. [techtimes.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait