Cara Tepat Investasi Kripto

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak dulu investasi sudah menjadi hal yang penting. Jika dulu bentuk investasi populer adalah pembelian tanah atau rumah, kini dengan kemajuan teknologi investasi bisa dilakukan lewat ponsel pintar. Anda bisa membeli saham atau bahkan mata uang kripto hanya lewat aplikasi.

Popularitas mata uang kripto tampak semakin menjadi-jadi. Semakin banyak pula orang yang tertarik untuk mencelupkan kakinya dalam investasi mata uang digital ini. Bagi yang baru ingin berinvestasi, Anda mungkin masih bingung bagaimana caranya. Simak artikel ini untuk mengetahui cara tepat berinvestasi mata uang kripto!

Investasi Kripto Perlu Rencana

Sama seperti ketika Anda berinvestasi pada instrumen lain, berinvestasi pada mata uang kripto juga membutuhkan perencanaan yang matang. Tentukan dulu apakah investasi yang Anda lakukan memiliki tujuan jangka panjang atau pendek. Hal ini akan berpengaruh pada jenis aset kripto dan cara investasi yang akan Anda lakukan.

Jika Anda memiliki tujuan jangka panjang, ada baiknya Anda menggunakan teknik dollar cost averaging atau DCA. Teknik ini mirip dengan menabung, di mana Anda menyetorkan sejumlah uang setiap bulan, baik ketika harga pasar sedang turun atau naik.

Cari Platform yang Tepat

Saat ini sudah banyak sekali platform investasi mata uang kripto yang bisa Anda temukan. Namun, pastikan Anda berinvestasi pada platform yang memperdagangkan kripto secara legal. Selain itu, perhatikan pula fitur-fitur yang ditawarkan oleh bursa kripto. Pastikan fitur dan layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gunakan Uang Dingin

Saat Anda investasi kripto, pastikan dana yang Anda gunakan adalah uang dingin. Uang dingin merupakan sejumlah uang yang tidak terpakai, di mana jika uang tersebut hilang tidak akan memengaruhi kondisi keuangan Anda. Hal ini penting untuk dilakukan karena investasi memiliki risiko. Anda memang bisa mendapatkan banyak keuntungan, tetapi Anda juga harus menghadapi risiko kerugian.

Investasi Perlahan-lahan

Mulailah secara perlahan. Jangan letakkan uang Anda pada satu aset dalam jumlah banyak sekaligus. Ada baiknya untuk mengalokasikan secara perlahan sambil melihat kinerja aset kripto yang Anda investasikan. Hal ini akan meminimalisir kerugian Anda jika sewaktu-waktu kinerja aset kripto itu turun.

Atur Portofolio

Setiap investor pasti memiliki portofolio dan menginginkan portofolio yang bagus. Dalam hal ini, tidak ada aturan baku bagaimana seorang investor perlu mengatur portofolionya karena semua sesuai dengan karakteristik investor. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki portofolio yang lebih stabil dan aman, yakni dengan membagikan persentase investasi pada aset yang berbeda-beda.

Anda bisa menaruh 60% investasi Anda pada mata uang kripto utama yang memiliki kapitalisasi besar, misalnya Bitcoin atau Ethereum. Mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum sudah lebih tepercaya dan stabil.

Lalu, Anda bisa menaruh 20% investasi Anda pada stable coin untuk menjadi dana cadangan. Jika ingin mencari tingkat pertumbuhan nilai yang lebih baik, Anda bisa menaruh 10% investasi Anda pada altcoin. Untuk 10% lainnya, Anda bisa taruh pada mata uang kripto yang sedang tren untuk mencari keuntungan yang lebih cepat.

Persentase tersebut bisa Anda rombak dan sesuaikan dengan diri Anda. Namun, tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir kerugian jika salah satu aset mengalami penurunan nilai.

Bila Anda meletakkan seluruh investasi Anda pada altcoin, misalnya, maka ketika altcoin sedang jatuh, Anda bisa mengalami kerugian yang besar. Sebaliknya, jika investasi Anda disebar pada beberapa jenis aset, saat salah satu aset jatuh, kerugian yang Anda dapatkan tidak akan terlalu besar karena masih ada aset lainnya yang memberikan keuntungan.

Setiap investasi pasti memiliki risiko. Karenanya, pastikan Anda sudah memahaminya sebelum mulai investasi.

Perdalam pula pengetahuan Anda soal mata uang kripto. Memiliki pengetahuan lebih mengenai investasi kripto bisa membantu Anda mengatur strategi investasi yang lebih baik.

Selain itu, meski investasi kripto tampak menggiurkan dengan segala profit besar yang ditawarkan, jangan terlena dan tetap perhatikan langkah Anda. Hindari membuat keputusan emosional dan lakukanlah analisis sebelum menjual atau membeli sebuah aset kripto. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait