Cardano (ADA) Berkembang Berkat Ribuan Proyek Kripto Ini

Perkembangan dari blockchain Cardano (ADA) tak lepas dari kehadiran lebih dari 1.000 proyek yang dibangun di atas jaringannya.

Cardano, yang kini menjadi blockchain terbesar dan paling menjanjikan ketiga di industri kripto ini, telah menarik banyak perhatian, terutama jelang pembaruan hard fork Vasil yang sangat dinantikan.

Ribuan Proyek Kripto Menopang Perkembangan Blockchain Cardano (ADA) 

Berdasarkan tweet IOHK yang dilansir Use the Bitcoin, jaringan Cardano (ADA) kini telah memiliki 1.003 proyek yang berjalan di atasnya.

Dari informasi tersebut, proyek yang membangun solusi koleksi NFT telah mendominasi, dengan bobot 40,4 persen.Sisanya hampir sama rata seperti Komunitas dan Sosial di 6 persen, Alat Pengembangan dan API di 4,8 persen, game di 4,2 persen dan keuangan terdesentralisasi (DeFi) di 2,1 persen.

Selain itu ada juga proyek-proyek yang membangun metaverse, penjelajahan data, bursa terdesentralisasi (DEX), solusi identitas dan masih banyak lagi.

Pasar kripto yang merana tampak tidak menghambat langkah para pengembang untuk membangun di jaringan Cardano. Sehingga, secara prospek koin ADA pun terlihat menarik yang terbukti dari apresiasi harganya dalam beberapa hari terakhir.

Dan juga, kini Cardano telah menjadi alternatif utama dari jaringan Ethereum dan BNB Smart Chain. Ini meningkatkan prospek adopsi dari pengembang untuk proyek mereka, terlebih Cardano terus berkembang, dengan akan hadirnya pembaruan Vasil akhir Juni ini.

Dan jika kita mengesampingkan stablecoin, maka ADA kini duduk sebagai koin berkapitalisasi pasar terbesar keempat.

Menurut laporan platform analitik Santiment yang menganalisis aktivitas on-chain, koin ADA telah secara konsisten mengalami peningkatan jumlah transaksi di jaringannya.

Whale pun diketahui telah mulai memborong ADA dalam jumlah besar dalam sepekan terakhir.

“Cardano melihat 39 transaksi whale senilai lebih dari US$1 juta antara pukul 14.00 dan 15.00 UTC Jumat. Sejak rentang jam tersebut, harga ADA telah naik lebih dari 32 persen. Whale terus menunjukkan nilai dalam pertanda pergeseran arah harga. Aset ini juga melihat tingkat diskusi tertinggi selama 17 hari,” ungkap laporan Santiment.

Santiment pun menilai bahwa, semakin banyak proyek dan jumlah platform yang dikembangkan di atas jaringan Cardano, maka semakin besar pula jumlah pengguna dan minat investor.

Pada akhirnya, ekosistem akan berkembang dengan konsisten dan solid, yang lebih disukai investor, terutama institusi. Ini dapat terlihat dari meningkatnya bobot Cardano dalam produk investasi Grascyale. [st]

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait