spot_img
spot_img

Cardano Bakal Punya Stablecoin, Namanya Djed

Stablecoin baru Djed akan hadir di blockchain Cardano yang menjadi alat untuk operasi keuangan desentralistik (DeFi) dan menghindari biaya transaksi besar. Penyedia gateway pembayaran Cardano, startup fintech COTI Group, akan menjadi penerbit resmi Djed.

Djed Hadir di Blockchain Cardano 

Pada acara Cardano Summit di hari Minggu (26/09/2021), pendiri Cardano Charles Hoskinson dan CEO COTI Shahaf Bar-Geffen mengumumkan Djed akan menjadi stablecoin dengan fokus DeFi pada jaringan Cardano.

Stablecoin baru itu memakai rancangan algoritmis berdasarkan smart contract demi menjamin kestabilan harga dan menjadi alat untuk transaksi DeFi.

Djed dipergunakan untuk membayar biaya transaksi di jaringan Cardano demi menghindari biaya yang volatil dan terlampau tinggi, serta menjadikan biaya transaksi lebih stabil.

Menurut makalah riset Djed yang diterbitkan Agustus lalu, protokol stablecoin itu akan berlaku seperti bank otonom yang membeli dan menjual stablecoin dalam rentang harga tertentu yang dipatok terhadap target harga.

Stablecoin tersebut akan beroperasi dengan mempertahankan sejumlah cadangan koin sembari menerbitkan koin baru dan membakar aset stabil dan koin cadangan lain.

Menurut Hoskinson, stablecoin Djed bisa menjadi pesaing baru di industri kripto karena menarik minat pengguna yang sama sekali baru di saat industri kripto mengalami pertumbuhan besar.

“Djed memiliki komitmen terhadap verifikasi formal yang sama dengan kami, menyediakan metode tangguh untuk melawan volatilitas harga di pasar aset kripto,” tambah Hoskinson.

“Ekosistem stablecoin telah matang selama beberapa tahun terakhir. Peserta blockchain memakai stablecoin untuk melakukan transaksi sehari-hari sebab stablecoin membantu nilai moneter diperdagangkan dengan cara yang lancar terlepas dari lokasi pengirim dan penerima,” jelas Bar-Geffen.

Geffen menambahkan, ia percaya stablecoin Djed akan memperbaiki penyelesaian transaksi di blockchain Cardano.

Berita ini menyusul kemitraan COTI dengan pusat stablecoin Cardano, Ardana. Kolaborasi tersebut bertujuan menghadirkan pembayaran stablecoin desentralistik ke AdaPay, gateway pembayaran Cardano yang mendukung lebih dari 30 uang fiat.

“COTI telah menjadi rekan ekosistem Cardano untuk waktu lama. Kami senang mereka bergabung untuk usaha baru ini,” pungkas Hoskinson. [cointelegraph.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img

Terkait