Catut Nama BTS, Bursa Kripto Ini Ditutup Paksa

Catut nama BTS, bursa kripto Bitget di Singapura, akhirnya dilarang beroperasional, setelah Hybe melayangkan keberatannya pada Oktober 2021 lalu.

Otoritas Moneter Singapura menutup paksa bursa kripto Bitget, sehingga dilarang beroperasional untuk melayani warga Singapura, per 6 Desember 2021. Pasalnya, Bitget diketahui mencatut nama BTS dalam sejumlah langkah promosinya kepada pengguna.

Otoritas itu menyebutkan, Bitget terbukti menggunakan nama BTS untuk menaikkan pamor bursa.

Catut Nama BTS untuk Naikkan Pamor Bursa Kripto

Padahal perusahaan itu tidak memiliki kemitraan resmi dengan BTS. Tak tanggung-tanggung, dengan percaya diri Bitget disebutkan “memberikan dukungan finansial seumur hidup” lewat Army Coin, kepada grup musik internasional itu.

IKLAN

Dilansir dari The Guardian, pada Oktober 2021, bursa itu tersebut diancam dengan tindakan hukum oleh perusahaan manajemen BTS, Hybe Corporation, karena mempromosikan Army Coin kepada trader.

Hybe pun memastikan, pihaknya tidak memiliki jalinan kerjasama apapun dengan Bitget, sehingga aksi promosi itu dianggap melanggar hukum.

Dalam sebuah pernyataan pada saat itu, Hybe mengatakan kripto Army Coin itu “tidak memiliki afiliasi” dengan BTS dan mendesak siapa pun yang menderita kerugian finansial terkait dengan Army Coin, untuk mengajukan laporan di kantor polisi terdekat.

“Kami sedang meninjau pelanggaran hukum, termasuk pelanggaran hak gambar artis, tanpa berkonsultasi dengan perusahaan, dan kami akan mengambil semua tindakan hukum terhadap semua pelanggaran yang ada,” sebut Hybe.

IKLAN

Didirikan di Singapura pada tahun 2018, Bitget pernah mensponsori tim sepak bola Italia Juventus, dan mengklaim memiliki lebih dari 1,5 juta pengguna di seluruh dunia.

Walaupun bermasalah di Singapura, pihak Bitget bersikeras, bahwa mereka mengantongi sejumlah lisensi dari Australia dan dari negara lainnnya.

BTS dan NFT

Hybe sendiri punya rencana besar masuk ke kripto lewat NFT (non-fungible token), lewat kerjasama dengan bursa kripto asal Korsel. Menurut Hybe, kelak sejumlah gambar resmi BTS dilelang dengan token unik itu.

Masih bernuansa Korea Selatan, sebelumnya ada kasus kripto Squid Game yang secara sengaja mencatut popularitas serial film Squid Game di Netflix.

IKLAN

Korban Kripto Squid Game, Warga Tiongkok Kehilangan Uang Pensiun Setara Rp400 Juta

Ketika harga kripto itu naik ribuan persen, belakangan pembeli awal kripto itu, justru tidak bisa menjualnya. Alhasil, diperkiran ada ribuan korban dengan nilai kerugian total mencapai triliunan rupiah. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait