Pusat Informasi dan Pengembangan Industri Tiongkok (CCID) telah menerbitkan daftar peringkat teknologi blockchain publik terbaru. Sebanyak 37 blockchain dikaji dalam tiga kategori terpisah. Hasilnya antara lain, Bitcoin berada di peringkat ke-14. Sedangkan EOS jadi jawara di peringkat pertama.

CCID adalah lembaga khusus yang bernaung di bawah Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok. CCID memperbarui pemeringkatan blockchain publik setiap dua bulan. Kali ini, yang diterbitkan Jumat lalu adalah edisi ke-17, walaupun agak terlambat diterbitkan akibat pandemi Covid-19.

Kali ini agak berbeda dengan terbitan sebelumnya. Selain peringkat keseluruhan, CCID merasa perlu menambahkan 3 kategori lagi, yakni teknologi dasar, penerapan dan kreativitas.

Kali ini EOS tetap di atas peringkat pertama, diikuti oleh Tron dan kemudian Ethereum. Bitcoin turun sedikit dari peringkat ke-11 ke peringkat ke-14. Sementara Bitcoin Cash naik dari peringkat ke-34 ke peringkat ke-31.

BERITA TERKAIT  Bitcoin Naik 8 Persen Jelang Sidang Libra

37 blockchain lain juga dievaluasi dalam tiga sub-kategori dengan cara yang sama seperti pembaruan sebelumnya. Dalam sub-kategori pertama, teknologi dasar, EOS menduduki peringkat teratas, diikuti oleh Tron dan IOST.

Untuk sub-kategori kedua, penerapan, Ethereum menduduki peringkat teratas, diikuti oleh Tron, dan Nebulas. Untuk sub-kategori terakhir, kreativitas, Bitcoin mendapat skor yang jauh lebih tinggi daripada blockchain lainnya, diikuti oleh EOS dan Ethereum.

“Hasil penilaian dan pemeringkatan ini memungkinkan CCID untuk menyediakan layanan konsultasi teknis yang lebih baik bagi lembaga pemerintah, perusahaan bisnis, lembaga penelitian, dan pengembang teknologi lainnya di Tiongkok,” sebut CCID. [Bitcoin.com/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO