CEO Binance: Selamat Datang, JPM Coin dan FB Coin

421

JPM Coin karya JP Morgan Chase membetot perhatian dunia, termasuk Facebook Coin yang dikabarkan akan meluncur tahun ini. Kripto-kripto itu menuai beragam opini mengenai apakah komunitas kripto sebaiknya menyambut atau menolaknya. Selain menarik perhatian media dan konsumen terhadap industri blockchain dan kripto, kripto besutan perusahaan sentralistik dianggap melawan visi besar kripto, yaitu membangun dunia yang terdesentralisasi.

Menanggapi hal tersebut, CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) justru memberikan ucapan selamat datang bagi JPM Coin dan Facebook Coin. Menurut CZ, baik JPM Coin dan Facebook Coin akan mendorong adopsi industri kripto secara keseluruhan. Ia juga mengatakan, dalam dunia yang desentralistik, siapapun bebas melakukan apapun selama tidak melukai atau merugikan orang lain. CEO Binance tersebut menegaskan perbedaan ideologi bukan menjadi alasan untuk menghambat JP Morgan atau Facebook menggunakan teknologi blockchain.

“Pendapat saya, dalam dunia yang desentralistik, siapapun bisa melakukan apa saja yang mereka mau (dalam batas tertentu dan tidak menyakiti orang lain). Semakin banyak yang mengadopsi kripto, semakin baik. Adopsi adalah adopsi. Selamat datang!” cuit CZ di akun Twitter-nya.

Menanggapi cuitan CZ, pendiri Tron (TRX) dan CEO BitTorrent (BTT) Justin Sun membalas, “Saya sangat setuju. Semakin banyak, semakin baik.”

Dukungan Sun atas pendapat CZ tidak mengherankan, mengingat kedua CEO tersebut berkolaborasi secara intens dalam beberapa bulan terakhir untuk meluncurkan BitTorrent pada launchpad Binance. Sun dan CZ juga telah melakukan beberapa podcast bersama, dan Sun bahkan mengklaim token BNB (Binance Coin) adalah Bitcoin yang baru.

Kendati CZ dan Sun mendukung peluncuran JPM Coin dan Facebook Coin, komunitas kripto secara keseluruhan tidak menyukai kedua koin terpusat tersebut. Cuitan CZ menuai sejumlah respons yang berlawanan.

Salah satu komentar yang diutarakan adalah fakta bahwa sebelumnya Facebook sempat melarang iklan terkait kripto tayang di platform-nya, tetapi sekarang raksasa media sosial itu ingin menjadi bagian dunia kripto. Komentar lain yang disampaikan komunitas kripto menyoroti JPM Coin hanyalah alat lain agar pihak perbankan tetap mengendalikan ekonomi rakyat.

Charles Hoskinson, co-founder Ethereum dan Pendiri Cardano (ADA), menyebut JPM Coin sebagai sebuah “konsep yang cacat” dalam acara Hybrid Summit di Hong Kong baru-baru ini. Hoskinson menyatakan, tindakan bank yang tidak etis dan eksklusif yang menyebabkan resesi ekonomi global terakhir adalah alasan kripto diciptakan oleh Satoshi Nakamoto. JPM Coin adalah contoh sebuah industri yang terancam yang berusaha keras untuk mempertahankan keberadaannya.

Menanggapi komentar-komentar pedas dari komunitas kripto, CZ membalas, “Kalau kamu tidak suka, tidak usah beli. Tidak ada yang memaksa kamu.” [investinblockchain.com/ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini