Charlie Shrem: Cabut BSV di Bursa, Biarkan Ia Mati!

499

Sejumlah pegiat aset kripto ternama menuntut bursa kripto untuk mencabut Bitcoin Satoshi’s Vision (BSV). Gerakan tersebut merupakan respons terhadap sejumlah pendukung BSV yang menempuh jalur hukum melawan anggota komunitas kripto yang dituduh mencemari nama baik BSV dan penciptanya, Craig Wright.

IKLAN

Seruan boikot terhadap BSV, kripto yang merupakan hasil hard fork Bitcoin Cash (BCH) pada November tahun lalu, berawal ketika Craig Wright, sosok yang mengaku sebagai pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto, menawarkan imbalan sebesar US$5 ribu dalam BSV untuk mengungkap identitas asli pengguna Twitter bernama hodlnaut.

Menanggapi penawaran imbalan tersebut, komunitas kripto di Twitter meluncurkan gerakan bertagar #WeAreAllHodlnaut (kita semua adalah hodlnaut) dan berbondong-bondong mengubah nama dan gambar profil mereka menjadi sama dengan hodlnaut.

BERITA TERKAIT  CoinGeek Hampir Kuasai 51 Persen Hashrate Bitcoin SV

Perseteruan tersebut menjadi semakin panas ketika CEO Binance, Changpeng Zhao, memberikan ultimatum bahwa jika Craig Wright tidak mengubah sikapnya, maka Binance akan mencabut (delisting) BSV.

Peter McCormack, penyiar podcast “What Bitcoin Did:, menyebut Wright dan Calvin Ayre, pemilik CoinGeek dan pendukung BSV, sebagai penipu. Ayre membalas dengan melayangkan surat somasi kepada McCormack dan sejumlah pengguna lainnya.

“Ronde pertama surat somasi sudah dikirim ke Vitalik Buterin dan Ethereum, orang-orang di Chepicap, dan Peter McCormack yang berkata ia ingin menghabiskan uangnya untuk membuktikan Craig tidak menciptakan Bitcoin. Ini akan menyenangkan,” cuit Ayre melalui Twitter.

Menanggapi situasi itu, beragam pegiat kripto menunjukkan ketidaksukaan mereka. Anthony Pompliano dari Morgan Creek Digital menghimbau agar bursa-bursa kripto mencabut BSV pada tanggal 1 Mei sebagai tanda solidaritas.

BERITA TERKAIT  CoinGeek Hampir Kuasai 51 Persen Hashrate Bitcoin SV

“Komunitas ini adalah tanggung jawab kita semua. Terkadang kita harus melakukan hal yang susah, bukan karena mudah, tapi karena hal yang benar untuk dilakukan,” kata Pompliano.

Sementara itu, pegiat Bitcoin Charlie Shrem mengatakan ia justru terkejut BSV bisa “melantai” di bursa kripto. Melalui cuitannya, Shrem menyatakan, “BSV jelas-jelas adalah tipuan yang dikendalikan oleh seorang penipu. BSV berlawanan dengan alasan kita semua ada di industri kripto. Cabut BSV dari semua bursa dan biarkan ia mati!” tegasnya.

Ada pula Jake Chervinsky, pengacara yang terkenal membahas legalitas kripto, mengatakan ia kagum melihat komunitas kripto yang, kendati sering berdebat dan konflik, bersatu melawan “musuh bersama”.

BERITA TERKAIT  CoinGeek Hampir Kuasai 51 Persen Hashrate Bitcoin SV

Kendati diancam akan dicabut dari beragam bursa termasuk Binance, harga BSV tetap bertahan di kisaran US$70 per unit. Data CryptoCompare menunjukkan volume perdagangan BSV terutama fokus di trading pair BSV/BTC dan BSV/UDST.

Volume perdagangan BSV tampak tersebar merata di beberapa bursa kripto, termasuk HitBTC, Bitfniex, BitZ yang memperdagangkan BSV/BTC, dan HuobiPro, CoinBene yang memperdagangkan BSV/USDT.

Harga BSV bertumbuh dari US$65 menjadi US$95 dalam sebulan terakhir, meskipun sebagian besar pertumbuhan itu kembali longsor. Baru-baru ini, penelitian menemukan penambang BSV mengalami kerugian total senilai US$2,2 juta sejak BSV diterbitkan. [cryptoglobe.com/ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini