Christine Lagarde Dukung Pengembangan Mata Uang Digital Bank Sentral

81

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Christine Lagarde, mendukung keterlibatan aktif bank sentral dalam pengembangan mata uang digital bank sentral (CBDC/Central Bank Digital Currency) agar pembayaran lintas negara menjadi lebih cepat dan lebih murah.

IKLAN

Lagarde tak hanya mengimbau bank sentral di negara-negara Eropa untuk membuat CBDC. Malah ia akan mendorong ECB melakukan hal serupa.

“ECB akan mengambil posisi yang terdepan dalam pengembangan CBDC. ECB akan terus menilai biaya dan manfaat dari CBDC, yang akan memastikan bahwa masyarakat umum tetap dapat menggunakan uang bank sentral bahkan jika penggunaan uang tunai fisik pada akhirnya menurun,” kata Lagarde.

CBDC, kata Lagarde, dapat memberikan pengaruh pada sektor keuangan dan transmisi kebijakan moneter. Dia mengatakan, bahwa ECB telah membentuk gugus tugas ahli untuk bekerja sama dengan bank sentral nasional masing-masing negara untuk memeriksa kelayakan CBDC di kawasan Uni Eropa.

Image result for CBDC"

Sebelum menjabat sebagai Presiden Bank Sentral Eropa, Lagarde yang merupakan mantan Direktur IMF itu memang terkenal ramah terhadap teknologi blockchain yang merupakan asas dari CBDC yang memiliki karakter seperti mata uang kripto/aset kripto.

BERITA TERKAIT  Pengelola Proyek "Stablecoin Rupiah" Belum Bersedia Diwawancarai Lebih Lanjut

Pada Desember 2019 lalu misalnya, ia mengatakan bahwa ECB harus berada di depan untuk memenuhi permintaan untuk pengembangan stablecoin.

September lalu, ketika Lagarde masih di IMF, dia mengklaim bahwa dia akan fokus pada memastikan bahwa lembaga-lembaga segera beradaptasi dengan lingkungan keuangan yang berubah dengan cepat. Sementara itu, ECB tetap terbuka untuk gagasan tentang uang digital euro. [Cointelegraph/red]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini