Coinbase Hentikan Dukungan untuk XRP, ETC dan XLM per 5 Desember 2022

Bursa kripto utama AS, Coinbase, telah resmi mengumumkan akan hentikan dukungan untuk kripto Ripple (XRP), ETC dan XLM. Ada apa?

Penghentian dukungan tersebut akan mulai berlaku per hari Senin mendatang (5/12/2022), yang akan berlaku di platform Coinbase dan juga Coinbase Wallet.

Coinbase Akan Hentikan Dukungan untuk XRP dan Tiga Kripto Lain 

Berdasarkan laporan Watcher News, selain XRP, Coinbase juga akan menghentikan dukungan untuk kripto Bitcoin Cash (BCH), Ethereum Classic (ETC) dan Stellar (XLM) di hari yang sama.

Pengumuman terbaru bursa kripto AS tersebut telah memicu beragam reaksi, di mana lebih didominasi perasaan kaget karena kripto tersebut, terutama XRP, tidak memiliki masalah hingga harus dikeluarkan dari dukungan bursa.

IKLAN

Diketahui, Coinbase mengklaim bahwa penghentian dukungan didasari oleh rendahnya penggunaan aset di dalam platform.

“Mulai 5 Desember 2022, Coinbase Wallet tidak lagi mendukung aset dan jaringan berikut karena penggunaan yang rendah, yakni BCH, ETC, XLM dan XRP,” ungkap pengumuman resmi Coinbase.

Namun Coinbase menegaskan bahwa, empat kripto tersebut tidak akan hilang, tetap terikat dengan alamat pengguna dan dapat diakses melalui frasa pemulihan dompet di platform pengguna.

Tetapi, tindakan apa pun yang dilakukan oleh pengguna lewat dari tanggal penghentian dukungan, Coinbase menegaskan bahwa aset bisa saja hilang dari dompet Coinbase pengguna.

IKLAN

Penghentian dukungan juga diartikan bahwa, empat kripto tersebut akan kehilangan akses ke dApps dan jaringan yang didukung bursa kripto tersebut.

Sekadar informasi, Coinbase kini telah mendukung banyak jaringan, seperti Ethereum dan EVM, BNB Smart Chain (BSC), Polygon dan Optimism.

Terkait alasan penghentian, sebagian pendukung melihat ada kejanggalan di sana, karena penggunaan yang rendah adalah alasan yang terlihat mengada-ada.

Terlebih, XRP masih menarik minat yang tinggi seiring kian dekat akhir dari perseteruan perusahaan di belakangnya, Ripple, melawan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Itu diperkirakan akan berakhir dengan kemenangan Ripple, kabar baik bagi XRP yang telah lama bergerak lesu, jauh dari keriuhan bullish di tahun 2021 karena terlilit tali dari perseteruan tersebut. [st]

 

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait