CoinEx dan Keuntungan dari Market Making bagi Pengguna Ritel

Sebelum mengupas AMM dari bursa kripto CoinEx, ada baiknya kita mengenal lebih dalam konsep Market Making (MM) dari bursa tersebut.

Market Making (MM) biasanya mengacu pada penyediaan likuiditas dan operasi harga oleh pembuat pasar (maker).

Maker akan menyediakan likuiditas untuk platform perdagangan dan pedagang lain melalui aktivitas perdagangan seperti membeli atau menjual aset dengan akun mereka.

Melalui proses ini, bursa akan menerima lebih banyak likuiditas pasar, sementara maker akan memperoleh keuntungan melalui Market Making.

Keuntungan Market Making Bagi Pengguna Ritel

Namun, pengguna sering kali harus mencatat volume trading bulanan yang tinggi agar memenuhi syarat untuk melakukan Market Making di platform. Sementara itu, wawasan market yang baik dan strategi trading juga diperlukan.

Bagi sebagian besar pengguna bursa, mendapatkan keuntungan sebagai Market Making juga datang dengan ambang batas yang tinggi.

Dikatakan, pengguna ritel dapat terlibat dalam Market Making pada platform trading dan menghasilkan keuntungan sambil menyediakan likuiditas. Di sinilah AMM masuk.

Apa Itu AMM?

AMM (Automated Market Making) memungkinkan pengguna ritel menjadi Market Making dengan menyuntikkan dana ke pool likuiditas dan berbagi biaya transaksi yang dibebankan oleh platform.

Mengandalkan robot algoritmik, AMM menghitung harga beli dan jual sesuai dengan formula, sehingga memberikan penawaran harga berkelanjutan untuk pasar.

CoinEx meluncurkan fungsi AMM untuk meningkatkan likuiditas market pada awal tahun 2021.

Bursa ini menggabungkan AMM dengan buku pesanan dalam hal mekanisme trading dan sistem secara otomatis mengubah kumpulan likuiditas menjadi buku pesanan.

Pada AMM CoinEx, pengguna harus menyediakan dua aset berbeda saat menambahkan likuiditas ke pool likuiditas dan kuantitas kedua aset akan tetap menjadi produk konstan.

Pendekatan ini dicirikan dalam penyediaan likuiditas perusahaan ke market tidak peduli seberapa besar buku pesanan atau seberapa kecil pool likuiditasnya.

Di pasar AMM CoinEx, setiap pasangan trading didukung oleh kumpulan likuiditas yang berisi dua aset dan melakukan penyetoran, penarikan dan perdagangan aset.

Aturan ini disebut Persamaan Produk Konstan: ketika Aset A ditambahkan atau dijual, Aset B harus dihilangkan dengan rasio tertentu untuk memastikan produk konstan dari keduanya. Demikian pula, ketika Aset A dihapus atau dibeli, Aset B harus ditambahkan dengan rasio tertentu.

Kumpulan likuiditas berisi aset yang digunakan untuk AMM. Setiap pengguna dapat menyuntikkan dana untuk menyediakan likuiditas dan menerima dividen biaya transaksi dari platform.

Dividen tersebut akan secara otomatis disuntikkan ke dalam kumpulan likuiditas dan semua pendapatan kumulatif dapat diperoleh sekaligus saat menghilangkan likuiditas.

Saat ini, tingkat pengembalian semua pasar AMM terkait CET (token asli CoinEx) mencapai 100 persen, sedangkan pasar AMM lainnya adalah 50 persen.

Tentu saja, tingkat transaksi market AMM berbeda dengan market reguler. Market seperti itu menggunakan sistem tarif independen.

Tabel di bawah ini menunjukkan perbedaan tarif antara pengguna ritel dan Market Making di market AMM normal dan market AMM stablecoin.

Tipe Pengguna

Nilai Normal dalam Market AMM

Nilai di StableCoin Market AMM

Akun Biasa

0,30%

0,10%

Akun Market Marker

0,15%

0,05%

 

Dengan tarif yang lebih rendah, tentu ini akan meningkatkan keuntungan yang didapat karena hanya perlu mengeluarkan beban biaya yang lebih rendah dibandingkan akun ritel biasa. [st]

spot_img

Terkini

Terkait