Craig Wright Masih Yakin Dirinya adalah Satoshi Nakamoto Si Perancang Bitcoin

Craig Wright, ahli komputer asal Australia masih yakin dirinya adalah Satoshi Nakamoto, sang pencipta Bitcoin (BTC). Wright berkata keluarga, teman dan kolega dapat membuktikan dirinya adalah Satoshi.

Dalam wawancara dengan televisi Australia tentang identitas pseudonim yang menulis whitepaper Bitcoin, Wright bersikeras ada sekelompok orang yang mengenalinya dan dapat mengkonfirmasi ia adalah Satoshi.

Sang Satoshi Nakamoto 

Pseudonim Satoshi Nakamoto pertama kali muncul pada tahun 2007 dan dikenal sebagai pencipta Bitcoin. Seiring Bitcoin semakin popular, beragam sosok disebut sebagai individu di balik pseudonim tersebut, diantaranya dalah Craig Wright.

Ia menegaskan, “Bukti selalu berasal dari saksi. Saya punya keluarga dan teman serta kolega yang penting di industri kripto.”

IKLAN

Wright tidak menjelaskan siapa dan dimana saksi tersebut yang dapat mengonfirmasikan identitas dirinya sebagai Satoshi. Ia mengklaim menjadi pendiri Bitcoin sangat sulit sebab ia tidak termotivasi oleh uang atau ketenaran.

Wright tidak mampu mengirim pesan dari private key yang cocok dengan public key blok 0 Bitcoin, yang dikenal dengan genesis block yakni blok pertama yang ditambah. Alih-alih bukti kriptografis, Wright memberikan penjelasan melalui analogi.

“Anda tidak bisa membuktikan dengan kunci. Bila saya memiliki kunci mobil Anda, itu bukan berarti saya memiliki mobil Anda. Itu adalah hal terbodoh yang saya dengar,” jelas Wright.

Wawancara tersebut menjadi kontroversial ketika pewawancara Hamish Macdonald menekan Wright untuk memberikan bukti konkrit identitasnya sebagai Satoshi.

IKLAN

Menanggapi hal itu, Wright mulai bersumpah serapah dan menyuruh Macdonald untuk membaca buku tentang hukum dan mempelajari definisi barang bukti sebelum melanjutkan diskusi.

Sebelumnya, Finbold melaporkan keputusan Pengadilan Tinggi London yang menyebut klaim Wright adalah palsu dalam kasus dimana Wright menuduh pembawa acara podcast Peter McCormack melakukan pencemaran nama baik.

McCormack menyebut Wright bukanlah Satoshi dan klaim identitas tersebut merupakan penipuan.

Klaim Wright terhadap identitas Satoshi tidak diterima atas dasar Wright tidak mampu mengirim pesan memakai private key yang merupakan pasangan public key dari genesis block Bitcoin.

IKLAN

Pada bulan Juni 2021, pendiri Ethereum Vitalik Buterin juga mengkritik sosok yang mengakui sebagai Satoshi Nakamoto tersebut. Buterin membandingkan Wright dengan mantan presiden AS Donald Trump. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait