spot_img
spot_img

Crypton, Aset Kripto Privasi P2P Besutan Utopia

Privasi menjadi isu yang kian penting di aset kripto. Data pribadi adalah komoditas berharga bagi pengiklan dan bagi badan sensor. Salah satu cara melacak aktivitas daring adalah melalui transaksi serta jejak digital yang ditinggalkan.

Banyak aset kripto tidak sepenuhnya privat. Ada aset kripto yang mengandung metadata dan dapat diforking ke aset kripto baru sehingga mengurangi nilai rantai asli.

Situasi seperti ini dapat membahayakan privasi pengguna dan menjadikan aset kripto asli lebih rentan terhadap peretasan.

1984 Group menciptakan Utopia sebagai ekosistem peer-to-peer demi melindungi identitas dan kebebasan daring. Di pusat jaringan ini adalah aset kripto privat, Crypton (CRP).

Crypton menyelesaikan transaksi dalam waktu kurang dari tiga detik, membantu transaksi mikro dan pembayaran otomatis melalui pemaduan API. Semua transaksi tidak hanya cepat tetapi juga sulit dilacak dan tidak dapat dibatalkan.

CRP diluncurkan pada 18 November 2019 sebagai bagian ekosistem Utopia. Peluncuran tersebut tidak melibatkan ICO, investor privat atau alokasi bagi tim.

CRP dirancang agar memberikan pengguna anonimitas dan kebebasan lengkap. Dengan CRP, pengguna dapat melakukan transaksi cepat dan sepenuhnya rahasia.

Dua fitur utama Crypton yang membedakannya dari aset kripto lain adalah enkripsi canggih dan transaksi yang privat.

Crypton tidak dikendalikan entitas tunggal melainkan dijalankan secara desentralistik dan mandiri dari pengaruh perusahaan, lembaga, bank sentral atau pemerintah. Sebab itu, Crypto tidak rentan terhadap peretasan dan manipulasi harga di pasar kripto.

aset kripto

Teknologi yang dikembangkan 1984 Group bagi Utopia menjamin fork serta eksploitasi tidak bisa terjadi pada Crypton. Bahkan pencipta ekosistem Utopia sendiri pun tidak bisa mengubah algoritma jaringan, termasuk bagi Crypton.

Fitur enkripsi tersedia dalam u-wallet. Semua aset pengguna disimpan dalam kontainer terenkripsi yang dilindungi metode kriptografi bertahap.

Tanda tangan kriptografis menghubungkan transfer dalam blockchain. Tidak ada pihak yang bisa menautkan transaksi pengguna ke alamat IP agar identitas pengguna tidak bisa diungkap.

Crypton merupakan aset digital eksklusif dalam ekosistem Utopia sehingga permintaan bagi aset tersebut meningkat seiring adopsi Utopia semakin bertambah. Data penelusuran Google menunjukkan minat bagi Crypton semakin besar, bahkan sejumlah bursa kripto ingin mendaftarkan CRP tanpa biaya. [ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait