Cuan Kripto Safemoon US$12 Juta, Youtuber Ini Diduga Pakai Cara “Pump and Dump”

Ben Phillips, YouTuber asal Inggris, diduga melakukan skema pump and dump kepada jutaan pengikutnya untuk meraup cuan senilai US$12 juta dengan token SafeMoon.

Skema tersebut dibongkar oleh YouTuber CoffeeZilla, yang bernama asli Stephen Findeisen.

Pump and Dump pada Token Safemoon 

Protos melaporkan, pada tanggal 12 April 2021, Phillips membagikan alamat dompetnya melalui Twitter agar pengikutnya dapat menyumbang tip. Alamat tersebut dipakai oleh Findeisen untuk melakukan pemeriksaan sebagai bagian dari investigasi terhadap SafeMoon yang diduga adalah skema ponzi.

Menurut perhitungan Findeisen, Phillips membeli SafeMoon pada bursa desentralistik PancakeSwap senilai US$4 juta antara Maret dan Desember tahun lalu. Ia lalu menjual simpanan tersebut senilai US$16 juta dalam kurun waktu sama, sehingga cuan US$12 juta.

Phillips menjadi terkenal melalui situs media sosial Vine dan YouTube dengan seri video pranknya. Saat ini, ia memiliki 4,61 juta pengikut di YouTube dan hampir 750 ribu di Twitter.

Findeisen dikenal sebagai sosok yang membongkar tindakan mencurigakan oleh selebriti di pasar kripto, seperti musisi Post Malone dan The Weeknd, dan juga anggota merk esports terkenal, FaZe.

Melalui video dan dokumen terkait, Findeisen mengungkap Phillips menerima token SafeMoon dalam jumlah triliunan sebagai kompensasi memasarkan token tersebut.

Phillips mempromosikan SafeMoon kepada jutaan pengikutnya tetapi tidak pernah menjelaskan ia menerima pembayaran atas promosi itu. Dikabarkan, Phillips menerima total 5,2 triliun SafeMoon atas usaha promosinya.

SafeMoon berhasil mencapai status memecoin tahun lalu. Token pada Binance Smart Chain (BSC) itu menjanjikan likuiditas yang menghasilkan lebih banyak token bagi investor yang melakukan staking.

Tim SafeMoon mempekerjakan banyak influencer untuk promosi, seperti sosok trader Dave Portnoy. Tetapi, Portnoy tidak berhasil mengelola posisinya dengan baik dan mengalami kerugian 90 persen atas investasi senilai US$40 ribu.

Kini, SafeMoon sudah anjlok jauh dari puncak kejayaannya. Setelah sempat mencapai kapitalisasi pasar US$4 milyar, saat ini SafeMoon hanya bernilai US$300 juta.

Token tersebut mencapai harga puncak pada bulan April tahun lalu dengan harga US$0,00001. Setelah melakukan migrasi ke kontrak baru dengan suplai yang dipangkas, harga SafeMoon berada pada angka US$0,0008.

Menurut CoinMarketCap, ada 17.500 dompet yang menyimpan SafeMoon. 150 dompet terbesar mengendalikan lebih dari 90 persen suplai yang beredar. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait