Da Hongfei, Pendiri NEO: Blockchain Dicekik Peraturan

82
Pendiri NEO, Da Hongfei.

Da Hongfei, Pendiri Blockchain NEO, mengutarakan kekhawatirannya tentang maraknya peraturan yang mencekik sektor blockchain. Hongfei berargumen, saat ini dibutuhkan sistem regulasi yang baru. Seperti yang dilansir dari CryptoGlobe, pernyataan tersebut diucapkan Hongfei bulan lalu pada 30 Oktober, dalam wawancara kepada 8btc.


“Blockchain nyaris tidak mampu bertahan di dalam sistem peraturan keuangan yang ada saat ini. Perusahaan atau lembaga yang berizin mungkin tidak melihat pentingnya bekerjasama dengan perusahaan blockchain, karena sudah punya izin resmi untuk menjalankan bisnisnya,” katanya.

Hongfei mempertanyakan mengapa sebuah perusahaan berizin harus bermitra dengan startup blockchain, jika tidak banyak manfaat yang bisa diperoleh. Di sisi lain, jika startup blockchain tidak mendapatkan izin, maka mereka tidak bisa secara resmi mempromosikan adopsi massal aplikasi terdesentralisasi.

BERITA TERKAIT  Bitcoin Halving, Brian Kelly: Bank Sentral Lakukan Pelonggaran Kuantitatif, Bitcoin Sebaliknya

Perlu dicatat, saat ini Tiongkok memiliki kerangka regulasi kripto yang ketat dan tidak progresif. Bank Sentral Tiongkok masih memberlakukan larangan terhadap kripto, yang berarti perdagangan kripto dan Initial Coin Offering (ICO) adalah ilegal.

Hongfei menyoroti industri keuangan yang dikira oleh banyak orang sebagai industri yang akan terdisrupsi blockchain dan teknologi distributed ledger. Tetapi, akibat hambatan regulasi di industri tersebut, tampaknya justru industri gaming yang punya potensi lebih bagus ditransformasi blockchain.

“Di masa depan, game berbasis blockchain mungkin menampilkan dunia virtual mirip dengan yang ada di film Ready Player One, di mana semua aset virtual direkam di atas blockchain, dan penerapannya memerlukan model ekonomi yang sempurna,” jelas Hongfei.

BERITA TERKAIT  Ketika Bitcoin Memang Harus Diwariskan

Kendati Hongfei mengira sulit untuk memrediksi kapan game blockchain akan popular, ia berharap suatu saat game blockchain bisa dimainkan oleh putrinya.

Menyinggung perihal persaingan dari proyek lain, Hongfei percaya NEO unggul dibanding pemain dengan cara mengembangkan platform yang ramah terhadap pengguna dan juga developer. Ia berpendapat dokumentasi dan tutorial bagi developer sangat penting bagi pertumbuhan NEO.

Selain itu, Hongfei menyampaikan kritik terhadap investor kripto. Pendiri NEO ini mengutamakan investasi waktu dibanding uang, dan berkata sekarang adalah saatnya berinovasi.

“Anda sebaiknya berinvestasi pada waktu, tenaga dan otak di industri ini, dan lakukan sesuatu yang kreatif. Hindari sekadar menanam uang di dalam kripto. Jangan memrediksi apakah harga akan naik di esok hari atau berapa kali nilainya akan berlipat ganda,” jelas Hongfei. [ed]

BERITA TERKAIT  Bank Sentral Tiongkok Bantah Informasi Uang Digital Bersistem DCEP

 

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO