Dampak Skandal FTX, Mercedes Hingga Miami Batalkan Kerjasama

Sejumlah organisasi yang terlibat olahraga membatalkan kerjasama sponsor menyusul dampak skandal FTX yang mengakibatkan bursa kripto tersebut bangkrut.

FTX telah menggelontorkan dana jutaan dolar AS untuk membangun brand di kalangan penggemar olahraga sebelum akhirnya menyatakan bangkrut.

Dampak Skandal FTX 

Salah satu perjanjian sponsor paling mahal yang dibatalkan adalah dengan tim bola basket Miami Heat serta wilayah Miami-Dade. Pada hari Jum’at (11/11/2022), kedua pihak tersebut menyatakan telah mematikan perjanjian dengan FTX.

Miami Arena, arena olahraga yang sempat berubah nama menjadi FTX Arena, akan mencari mitra baru untuk penamaan arena tim bola basket tersebut.

IKLAN

Perjanjian sponsor terkait arena itu bernilai US$135 juta dengan jangka waktu 19 tahun dan dibuat pada bulan Juni tahun 2021. Kabar tentang pembatalan perjanjian tersebut menyusul pengajuan kebangkrutan FTX di AS serta mundurnya Sam Bankman-Fried sebagai CEO.

Logo FTX yang terpasang pada atap Miami Arena dikabarkan telah mulai dibongkar. Dalam beberapa tahun terakhir, brand FTX telah terkait dengan sejumlah olahraga sebagai bagian kampanye untuk membangun brand.

Selain perjanjian dengan Miami Arena, FTX menjadi mitra bursa kripto resmi bagi organisasi bisbol AS Major League Baseball (MLB). Logo FTX ditampilkan pada seragam wasit di pertandingan MLB pada bulan Juli silam.

Pada September 2021, FTX menandatangani kerjasama sponsor jangka panjang dengan tim Formula One Mercedes-AMG Petronas. Kerjasama tersebut yang direncanakan berlangsung selama beberapa musim balap telah dihentikan menyusul dampak skandal FTX.

Mobil Mercedes dalam industri Formula One tidak akan menampilkan logo FTX setelah tim tersebut mengumumkan penghentian dukungan bagi FTX di Grand Prix Brazil mendatang.

News.Bitcoin.com melaporkan, juru bicara Mercedes berkata, “Sebagai langkah pertama, kami telah menghentikan perjanjian sponsor dengan FTX. Ini berarti logo FTX tidak akan lagi tampil di mobil balap kami dan aset lain.”

Logo FTX sempat dipasang pada sejumlah bagian mobil balap W13. Selama Grand Prix Miami, Mercedes mempromosikan peluncuran koleksi NFT bersama dengan FTX.

Tahun lalu, FTX turut mensponsori tim esports TSM dan seri kejuaraan League of Legends. Terbaru, logo FTX tampak tidak lagi dipasang pada seragam tim pemain esports tersebut. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait