spot_img
spot_img

Dana Pensiun Damkar Kota Ini Diinvestasikan ke Kripto Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH)

Investasi kripto Bitcoin dan ETH semakin menggejala. Ini terbukti di Amerika Serikat, bahwa dana pensiun karyawan pemadam kebakaran diinvestasi ke kripto besar itu.

Dana Pensiun Damkar kota Houston di negara bagian Texas, AS, yang mengelola aset senilai US$5,5 milyar setara Rp78 trilyun, menanam investasi sebesar US$25 juta atau Rp354 milyar ke Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH).

Investasi Kripto Bitcoin dan ETH

Investasi tersebut dilakukan melalui NYDIG, anak perusahaan pengelola aset Stone Ridge yang berfokus kepada sektor kripto.

Ajit Singh dari Bloomberg melaporkan, Chief Investment Officer bagi dana pensiun itu melihat kripto sebagai salah satu perangkat untuk mengelola resiko. Dana tersebut memiliki harapan hasil yang positif dari kripto dan korelasi rendah dengan kelas aset lain.

Bloomberg mengutip Asosiasi Nasional Administrator Pensiun Negara Bagian dan menyoroti dana pensiun negara bagian dan pemerintah daerah adalah kelompok yang kuat di dunia investasi sebab mereka mengelola aset lebih dari US$5,5 trilyun.

Keputusan dana pensiun damkar tersebut menyusul harga Bitcoin yang mencetak rekor baru di atas US$67 ribu tidak lama setelah ETF Bitcoin berjangka pertama melantai di bursa saham New York awal pekan ini dan mulai diperdagangkan.

Menurut catatan, saat debut, ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) menjadi ETF kedua yang paling banyak diperdagangkan. Saat hari perdagangan kedua, BITO menarik volume jual beli senilai US$1,2 milyar.

BITO kini mengelola aset sebesar US$1,1 milyar, menjadikannya ETF yang tercepat mencapai US$1 milyar dalam sejarah.

Kendati demikian, menurut analis JPMorgan, performa ETF tersebut bukanlah penyebab naiknya harga Bitcoin. Penyebabnya adalah aliran dana yang keluar dari ETF emas dan memasuki produk terkait Bitcoin.

Singh berkata ia pribadi lebih menyukai berinvestasi langsung di aset kripto dan menghindari membeli turunan sintetisnya.

Ia menambahkan, seiring institusi semakin mengadopsi aset kripto, akan ada dinamika yang berkembang seputar permintaan dan penawaran.

Selain itu, kepemilikan aset fisik dapat memberikan potensi penghasilan pasif kepada dana pensiun.

“Kami telah memelajari kelas aset ini untuk menambahkannya ke portofolio investasi kami. Kami mengawasinya dan mengkajinya. Kripto menjadi kelas aset yang tidak dapat kami abaikan,” jelas Singh.

Dana Pensiun Damkar Houston menangani lebih dari 6.600 petugas damkar aktif dan pensiunan serta keluarga penerima. Petugas aktif memberikan 9 persen gaji mereka ke dana pensiun, sedangkan pemda Houston memberikan dua kali lipat jumlah tersebut. [cryptoglobe.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait