Dana Pensiun Kanada Rela Kehilangan Setara Rp2,2 Triliun Setelah Berinvestasi Kripto di Celsius yang Sudah Bangkrut

Perusahaan dana pensiun asal Kanada telah mengalami rugi besar setelah gagal dalam berinvestasi kripto di Celsius Network.

Celsius tampaknya telah menyebabkan banyak kerugian bagi para investornya, setelah mengumumkan kebangkrutannya.

Ini kembali menyoroti jatuhnya ekosistem Terra, yang membawa efek domino, tidak hanya pada bisnis di dalam industri kripto.

Dan saat ini, Celsius tengah menghadapi berbagai tuduhan, seperti praktek penipuan layaknya skema ponzi.

IKLAN

Selain itu, mantan Manajer investasi Celsius juga telah menggugat perusahaan yang telah bangkrut ini dengan tuduhan manipulasi kripto dengan tidak mengindahkan langkah-langkah akuntansi dasar untuk melindungi simpanan pelanggan.

Dana Pensiun Kanada Rugi Besar Karena Berinvestasi Kripto di Celsius

Berdasarkan laporan Finbold, perusahaan dana pensiun asal Kanada bernama Caisse de Depot et Placement du Quebec (CDPQ), telah berinvestasi kripto sebesar US$150 juta di Celsius.

Dana dengan nilai setara Rp2,2 triliun tersebut diketahui diinvestasikan pada Oktober 2021, tepat sebulan sebelum bearish pasar kripto dimulai.

Dana tersebut diketahui berasal dari sebagian putaran pendanaan yang diraih CDPQ sebesar US$400 juta yang dipimpin oleh WestCap Investment Partners LLC.

IKLAN

“Kami memahami bahwa investasi kami di Celsius menimbulkan sejumlah pertanyaan… Ini adalah sesuatu yang kami anggap sangat serius, dan kami akan memberikan komentar lebih lanjut pada saat yang tepat. Celsius saat ini terlibat dalam proses kompleks yang akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” ujar Juru Bicara perusahaan, Maxime Chagnon.

Sekadar informasi, investasi besar CDPQ telah mengangkat valuasi dari Celsius hingga lebih dari US$3 milyar. Dan saat ini, Chagnon mengungkapkan bahwa perusahaan tengah melakukan segala upaya untuk mempertahankan hak-haknya.

Diketahui pula bahwa CDPQ memang telah berkomitmen untuk masuk ke aset berisiko seperti kripto karena memiliki potensi pengembalian yang tinggi.

Namun, pada kasus investasi di Celsius, itu membuat segalanya tidak berjalan lancar dan di luar ekspektasi.

Mirisnya, pada saat investasi dilakukan, CTO perusahaan Alexandre Synnett, telah menganggap Celsius sebagai “pemberi pinjaman kripto terkemuka di dunia dengan tim manajemen yang kuat yang menempatkan transparansi dan perlindungan pelanggan sebagai inti dari operasi mereka.” [st]

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait