spot_img
spot_img

Dash Text, Transaksi Kripto Pakai SMS di Venezuela

Digital Cash (Dash), kripto dengan fitur privasi hasil forking Bitcoin, mengumumkan peluncuran Dash Text, sebuah layanan transaksi uang kripto menggunakan short message service (SMS) bagi pengguna di Venezuela, sebagai strategi memperkuat posisinya di negara tersebut, CCN melansir.

Dalam pengumuman yang dirilis awal minggu ini, perusahaan tersebut menyatakan bahwa Dash Text memungkinkan pengguna di Venezuela melakukan transaksi kripto tanpa harus memiliki smartphone dan akses internet. Kedua hal tersebut sudah lama menjadi hambatan signifikan bagi adopsi kripto di negara yang semakin menderita hiperinflasi.

Sebagai akibat berbulan-bulan hiperinflasi hingga mata uang nasional bolivar menjadi nyaris tidak berguna, warga Venezuela semakin melirik uang kripto sebagai solusi, seperti yang terjadi dalam beragam insiden di negara tersebut.

Dash ingin meneruskan keberhasilannya meraup cuan dengan memanfaatkan tren yang menargetkan jutaan warga Venezuela yang tidak dapat ikut serta dalam ekonomi kripto karena tidak memiliki smartphone atau tidak bisa mengakses internet. Solusi terhadap masalah ini adalah membangun kemitraan bersama BlockCypher, perusahaan yang fokus membuat solusi blockchain dan produk agnostik blockchain dimana penggunanya bisa memakai berbagai uang kripto dalam satu platform.

“Warga Venezuela yang berdomisili di luar negeri diperkirakan mengirim uang sebanyak US$2 milyar ke keluarga di kampung halaman mereka. Proses ini membutuhkan waktu yang terlalu lama dan biaya terlalu tinggi, sehingga menjadi masalah bagi banyak pengguna,” Bradley Zastrow, Kepala Pengembangan Bisnis Global, Dash Core.

Dengan Dash Text, Dash menyediakan solusi nyata yang menjawab permasalahan nyata. Warga Venezuela butuh cara yang cepat dan murah untuk mengirim uang ke keluarga mereka, dan Dash berhasil melakukannya dengan cara yang memperluas ekosistem Dash bagi mereka yang tidak memiliki smartphone.

“Dash Text menawarkan solusi yang tepat untuk memastikan siapa saja bisa menjadi bagian keluarga Dash, terlepas dari ponsel apa yang mereka miliki,” jelas Zastrow.

Saat ini, Dash Text berada dalam fase uji coba beta. Pengguna Movistar dan Digitel, dua penyedia telekomunikasi terbesar di Venezuela, dapat mengakses layanan Dash menggunakan kode lima angka sederhana.

Menurut penjelasan Dash, untuk mendaftar Dash Text pengguna harus mengirim SMS dengan format “DASH” ke 22625, dilanjutkan SMS lain dengan kata “CREAR,” untuk membuat wallet Dash. Setelah hal ini dilakukan, pengguna dapat mengirim dan menerima Dash menggunakan SMS. Diperkirakan hal ini adalah terobosan besar bagi populasi Venezuela yang masih memakai ponsel “jadul” atau tidak bisa mengakses Internet stabil.

Pada Agustus, CCN melaporkan Dash mengalami kenaikan harga dan volume yang tinggi sebagai hasil adopsi di Venezuela, di mana beberapa perusahaan ritel ternama menjadi pelanggan Dash. Dash juga menandatangani kerjasama dengan Kripto Mobile, di mana Kripto Mobile akan membuat ponsel yang dilengkapi wallet Dash. Kerjasama ini diperkirakan dapat mendongkrak pengguna bulanan Dash di Venezuela mencapai 10 ribu. [ed]

 

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait