Deretan Selebritas Hingga Atlet Terseret Skandal FTX

Investor AS menggugat pendiri FTX Sam Bankman-Fried (SBF), dan beberapa selebritas yang terseret skandal karena mempromosikan bursa kripto tersebut. Gugatan class action diajukan oleh Moskowitz dan Boies atas nama penduduk Oklahoma, Edwin Garrison yang juga nasabah di bursa kripto tersebut.

Melansir Bitcoin.com, deretan selebritas itu termasuk Tom Brady, Naomi Osaka, Gisele Bündchen, Stephen Curry, dan Shaquille O’Neal disebut dalam gugatan kelompok atau class action, atas dugaan keterlibatan dalam praktik penipuan dengan FTX. 

Garrison menuding FTX memikat investor AS dengan trik “skema Ponzi”, namun dana investor dialihkan ke entitas terkait untuk menjaga penampilan likuiditas.

Gugatan itu diajukan melalui pengacara Adam Moskowitz dan David Boies, pada Selasa waktu setempat. Isi gugatan itu sendiri menuduh, SBF dan selebritas terkait bursa mempromosikan sekuritas (efek/kontrak investasi) yang tidak terdaftar.

IKLAN

Dalam gugatannya, Garrison menuduh Bankman-Fried dan promotor FTX terlibat dalam konspirasi untuk menipu investor dan melanggar undang-undang negara bagian Florida yang mewajibkan sekuritas didaftarkan dan melarang praktik bisnis ilegal.

Sebelumnya diberitakan, FTX mengajukan pailit, dan kini dalam pengawasan otoritas AS di tengah laporan bahwa US$10 miliar aset nasabahnya dialihkan dari FTX ke Alameda Research.

Mengutip dari Reuters, gugatan tersebut ketika crypto exchange itu goyah karena masalah likuiditas, investor AS menderita kerugian hingga US$11 miliar.

Investor dan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) sebelumnya mengejar selebritas karena menggembar-gemborkan cryptocurrency dengan dugaan penipuan.

Semisal saja, sosialita Kim Kardashian pada Februari lalu, setuju membayar denda kepada SEC sebesar US$1,26 juta. Kim dituding tidak melaporkan kepada publik bahwa dia dibayar untuk mempromosikan token EthereumMax (EMAX). Namun, Kim masih tidak mengakui kesalahannya, kendati sudah membayar denda.

Investor swasta juga telah menggugat Kardashian dan lainnya atas peran mereka dalam mempromosikan token abal-abal tersebut.

Bitcoin.com merincikan, bahwa selain atlet NBA, deretan selebriti dan individu terkenal yang masuk dalam daftar terdakwa adalah: Tom Brady, Gisele Bündchen, William Trevor Lawrence, Kevin O’Leary, Naomi Osaka, David Ortiz, Stephen Curry, Udonis Haslem, Shaquille O’Neal, Shohei Ohtani, dan Lawrence Gene David.

Legislator AS Akan Panggil SBF & Binance

Terkini, dikabarkan DPR AS akan memanggil mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried (SBF), termasuk Binance. Di saat yang bersamaan ada sejumlah selebritas hingga atlet yang digugat ke pengadilan.

Komisi Layanan Keuangan DPR AS akan menggelar rapat dengar pendapat yang akan menghadirkan CEO FTX Sam Bankman-Fried (SBF), perwakilan dari Binance, Mantan CEO Alameda Research Caroline Allison dan pihak terkait lainnya.

Tujuannya adalah untuk mendudukkan perkara bangkrutnya FTX yang membawa efek domino ke jutaan pengguna dan ratusan perusahaan kripto terkait.

“Kami akan mengundang mereka dalam rapat dengar pendapat pada bulan depan,” kata Maxine Waters Ketua Komisi Layanan Keuangan DPR AS yang juga Ketua lembaga yudikatif itu, dikutip dari Reuters.

Waters dalam keterangan resminya di Twitter mengatakan, kebangkrutan FTX membawa dampak yang mengkhawatirkan kepada jutaan pengguna. Tak sedikit di antara mereka yang berinvestasi melalui FTX menggunakan gaji mereka.

“Itu sebabnya rapat dengar pendapat nanti sangat penting untuk mempertimbangkan dilakukannya investigasi terhadap FTX,” kata Waters. [ab]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait