Di Coil, XRP Dijadikan Alat Bayar Konten Internet

Pencipta konten di Internet kini bisa menerima pembayaran secara langsung dari pengguna mereka dalam bentuk Ripple (XRP), menurut laporan CCN, Minggu (23/09). Model itu dibesut di layanan Coil, besutan Stefan Thomas, mantan CTO Ripple Labs. Perusahaan yang bermarkas di San Fransisco ini telah meluncurkan platform versi beta.

Kendati konsep ini mirip dengan yang pernah dipakai Changetip, sebuah aplikasi pemberian tip dalam bentuk Bitcoin yang kini tak aktif lagi, Coil selangkah lebih maju, karena memposisikan dirinya sebagai alternatif dalam ekosistem internet berbasis iklan.

“Selama bertahun-tahun, kita telah membahas potensi pembayaran mikro (micropayment) untuk mendukung pencipta konten, sehingga kita bisa meninggalkan Internet berbasis iklan yang mulai tidak efisien,” kata Thomas.

Thomas menegaskan memang ada beberapa pihak yang menciptakan layanan langganan paket konten. Tetapi pembayaran mikro dan langganan yang sebelumnya dibangun sebagai sistem tertutup, gagal menangkap sebagian besar variasi konten yang ada di web.

IKLAN

Coil adalah yang pertama yang menghadirkan pembayaran menggunakan Web Monetization, sebuah standar pembayaran bertenaga Interledger yang memungkinkan pembayaran kepada situs web melalui peramban (browser).

Untuk mencapai tujuan itu, Coil akan kompatibel dengan nama-nama besar di industri internet, seperti YouTube, Wikipedia, Twitch, Internet Archive dan Beat.

Coil menawarkan kegunaan yang menarik. Aplikasi berbasis web ini memiliki potensi untuk membebaskan konten Internet dengan membayar XRP, baik dalam bentuk tulisan, video, audio atau lainnya. Seorang pengguna Reddit berkomentar mengenai fitur Coil yang memungkinan mengakali paywall dan mengurangi iklan.

Coil mungkin akan bersaing dengan Brave dalam hal pembayaran mikro. Brave  adalah peramban yang menawarkan layanan yang mirip dengan Coil melalui token BAT-nya. Brave sudah memiliki lebih dari 4 juta pengguna aktif. Peramban ini juga menyediakan privasi dan pemblokiran iklan agar semakin menarik bagi pengguna kripto. Tim di belakang proyek ini berharap dapat menarik 5 juta pengguna sebelum akhir tahun.

IKLAN

Pasar kripto masih muda, dan masih banyak ruang untuk inovasi. Coil, walau telah diluncurkan dengan meriah, masih bisa meningkatkan fiturnya dengan pembaruan di masa depan. Sejauh ini, aplikasi pembayaran mikro tersebut dapat mendongkrak nilai XRP, yang sedang naik tinggi di tengah-tengah sentimen positif yang kuat. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait