Direktur Kraken: Sekarang Saatnya Investasi Bitcoin

1498

Dan Held Direktur Business Development Kraken menyarankan publik agar sekarang berinvestasi Bitcoin (BTC), karena pandemi COVID-19 berdampak buruk terhadap ekonomi dunia selama bertahun-tahun ke depan.

Situasi itu juga penuh ketidakpastian, menunjukkan betapa rapuhnya sistem ekonomi tradisional. Di tengah masa-masa sulit, muncul ketertarikan dari sektor keuangan tradisional terhadap Bitcoin. Aset kripto tersebut semakin dipandang sebagai pengganti emas, alat simpan nilai (store of value).

Dan Held mengatakan, kondisi makroekonomi saat ini membutuhkan investasi cerdas. Sangat rasional untuk berinvestasi di Bitcoin yang terbukti menjadi pengganti emas yang terpercaya.

“Berinvestasi di aset pengganti emas, seperti Bitcoin sangatlah masuk akal,” katanya.

Held mengungkapkan, investor dengan alokasi portofolio termasuk Bitcoin tergolong lebih aman. Mengutip Teori Portofolio Modern, ia berargumen bahwa Bitcoin adalah portofolio yang melindungi.

Bitcoin tidak terkorelasi banyak dengan pasar keuangan tradisional, terutama saham. Sehingga jika saham mulai bergerak, Bitcoin bisa bergerak berbeda. Inilah pembahasan Teori Portofolio Modern, di mana aset berbeda bergerak secara berbeda,” jelasnya.

Kendati demikian, dibandingkan aset tradisional seperti indeks saham S&P 500, korelasi Bitcoin semakin meningkat selama setahun terakhir. Sejak Juni 2019, korelasi dengan Bitcoin mencapai 1,9 menurut data dari CoinMetrics.

BERITA TERKAIT  Pendiri Twitter Sekaligus Pecinta Bitcoin Ini Sumbangkan Rp16 Triliun Pasca COVID-19

Held menegaskan, portofolio investor tradisional dengan toleransi resiko tertentu, menambahkan Bitcoin ke portofolio adalah langkah penting bagi investor di pasar saat ini.

Manfaat Bitcoin semakin terlihat di masa-masa penuh ketidakpastian, sehingga akan menarik lebih banyak investor institusional. Belum lama ini, Paul Tudor Jones, manajer dana lindung nilai, membeli Bitcoin dan melihatnya sebagai perlindungan signifikan terhadap inflasi. Hal ini bisa jadi hanyalah awal dari adopsi Bitcoin oleh investor besar.

Sebab itu, masuk akal bagi Bitcoin ditambahkan ke portofolio investasi dengan struktur tradisional, termasuk bagi investor yang akan pensiun, pungkas Held. [ambcrypto.com/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO